Monday 11 February 2019

Jadi Berilmu Cara Memilih Acara Pendahuluan, Inti, Epilog Dalam Penyusunan Rpp


RPP merupakan salah satu perangkat pembelajaran sehingga dalam penyusunan rpp harus tertata rapi agar apa yang akan disampaikan sanggup memperlihatkan semangat gres kepada siswa. Setiap acara berguru mengajar tentu ada acara pendahuluan, inti, dan epilog yang harus tertuang dalam rpp. Oeh alasannya yaitu itu disini kita akan sedikit membahas ihwal tips / cara memilih kegiatan tersebut.

Kegiatan pendahuluan dilakukan untuk membangun ketertarikan/ motivasi atau pengaitan dengan pemahaman terdahulu (apersepsi). Pendahuluan sanggup dilakukan dengan teladan acara berikut:

  1. Guru menciptakan kaitan dengan cara bertanya jawab ihwal apa yang telah dipelajari dan hubungannya dengan apa yang akan dipelajari
  2. Mengaitkan apa yang akan dipelajari dengan kejadian di sekitar/ yang dialami penerima didik
  3. Menunjukkan kejadian positif dan bertanya jawab kaitannya dengan apa yang akan dipelajari
  4. Melakukan gerakan atau bernyanyi yang sesuai dengan apa yang akan dipelajari
  5. Cerita atau visualisasi yang menarik: Guru menyediakan kisah fiksi, gambar, grafik atau alat visual lain yang relevan untuk menarik perhatian penerima didik terhadap apa yang akan dipelajari.
  6. Permasalahan: Guru mengajukan permasalahan yang terkait dengan pelajaran yang akan disampaikan
  7. Pertanyaan: Guru mengajukan pertanyaan pada penerima didik sehingga mereka termotivasi untuk mengikuti pelajaran

baca juga:
Kumpulan RPP sd mi kelas 1 k13
Kumpulan RPP sd mi kelas 4 k13

Kegiatan inti untuk mengoptimalkan pelibatan penerima didik dalam mencapai pemahaman, inovasi konsep, latihan keterampilan tertentu yang berkaitan dengan pencapaian kompetensi tertentu. Kegiatan inti dalam RPP minimal meliputi acara eksplorasi, elaborasi, dan konfimasi.

  1. Mengamati teladan dan ilustrasi: Guru menyediakan teladan dan ilustarsi dalam kehidupan sehari-hari yang terkait dengan pelajaran. Guru juga sanggup menciptakan perbandingan antara bahan pelajaran dengan pengalaman penerima didik.
  2. Melakukan demonstrasi dengan alat peraga tertentu. Guru memakai alat peraga untuk mendemostrasikan suatu peristiwa/ konsep/ cara kerja dikala menjelaskan sesuatu. Misalnya dikala menjelaskan warna-warna dalam pelangi guru sanggup memakai gelas yang berisi air untuk percobaan pelangi. Peserta didik mendiskusikan demonstrasi yang dilakukan guru dipandu pertanyaan-pertanyaan yang relevan
  3. Melibatkan penerima didik dalam melaksanakan pengamatan, investigasi, wawancara dengan nara sumber, berdiskusi, bermain, mencoba/ berlatih keterampilan tertentu
  4. Menantang: Hentikan pelajaran secara periodik dan usikan pertanyaan yang menantang pada penerima didik, contohnya memperlihatkan teladan dari pelajaran yang disampaikan atau menjawab kuis.

Penutup pelajaran untuk penguatan yang sanggup berupa:

  1. Penyimpulan dan refleksi
  2. Aplikasi: Hadapkan suatu problem atau pertanyaan pada penerima didik-peserta didik untuk menyelesaikannya menurut klarifikasi dalam pembelajaran.
  3. Review: Minta penerima didik-peserta didik untuk mereviu isi pelajaran dengan yang lain atau memberi mereka tes skor review.

Ini hanya sekedar teladan saja ya, selebihnya sanggup anda yang bereksperimen. Atau anda sanggup mengunduh file format word tentang Kiat-kiat Menentukan Kegiatan Pendahuluan, Inti, Penutup dalam Penyusunan RPP pada artikel berikut: Juknis penyusunan kurikulum sd mi

No comments:

Post a Comment