Monday 4 February 2019

Jadi Cerdik Ruang Lingkup Mata Pelajaran Pai Dan Bahasa Arab Di Madrasah Ibtidaiyah


1. Al-Qur’an-Hadis
Ruang lingkup mata pelajaran Al-Qur’an-Hadis di Madrasah Ibtidaiyah meliputi: Pengetahuan dasar membaca dan menulis Al-Qur’an yang benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid, Hafalan surah-surah pendek dalam Al-Qur’an dan pemahaman sederhana ihwal arti dan makna kandungannya, serta pengamalannya melalui keteladanan dan adaptasi dalam kehidupan sehari-hari.

Pemahaman dan pengamalan melalui keteladanan dan adaptasi mengenai hadis-hadis yang berkaitan dengan, kkeutamaaan membaca Al-Qur’an, kebersihan, niat, menghormati orang tua, persaudaraan, silaturahmi, takwa, keutamaan member, mencintai anak yatim, salat berjamaah, ciri-ciri orang munafik, dan amal salih.

2. Akidah-Akhlak
Mata pelajaran Akidah-Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah berisi pelajaran yang sanggup mengarahkan kepada pencapaian kemampuan dasar akseptor didik untuk sanggup memahami rukun dogma dengan sederhana serta pengamalan dan adaptasi berakhlak Islami secara sederhana pula, untuk sanggup dijadikan sikap dalam kehidupan sehari-hari serta sebagai bekal untuk jenjang pendidikan berikutnya.

Ruang lingkup mata pelajaran Akidah-Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah meliputi:
a. Aspek Akidah (Keimanan) meliputi:

  • Kalimat tayyibah sebagai materi pembiasaan, meliputi: Lw ilwha illallwh, basmalah, alpamdulillwh, subpwnallwh, Allwhu Akbar, ta’awwuz, mwsyw Allah, assalwmu‘alaikum, salawat, tarji’, lw paula walw quwwata illw billah, dan istigfwr.
  • Al-Asmw’ al-ousnw sebagai materi pembiasaan, meliputi: al-Apad, al-Khwliq, ar-Rapmwn, ar-Raprm, as-Samr‘, ar-Razzwq, al-Mugnr, al-Hamrd, asy-Syakyr, al-Quddys, as-aamad, al-Muhaimin, al-‘Azrm, al-Karrm, al-Kabrr, al-Mwlik, al-Bwhin, al-Walr, al-Mujrb, al-Wahhwb, al-‘Alrm, az-jwhir, ar-Rasyrd, al-Hwdr, as-Salwm, al-Mu’min, al-Lahrf, al-Bwqr, al-Basrr, al-Mupyi, al-Mumrt, al-Qawr, al-Hakrm, al-Jabbwr, al-Musawwir, al-Qadrr, al-Gafyr, al-‘Afuww, as-aabyr, dan al-Halrm.
  • Iman kepada Allah dengan pembuktian sederhana melalui kalimat hayyibah, al-Asmw’ al-ousnw dan pengenalan terhadap salat lima waktu sebagai manifestasi dogma kepada Allah.
  • Meyakini rukun dogma (iman kepada Allah, Malaikat, Kitab, Rasul dan Hari simpulan serta Qada dan Qadar Allah)

b. Aspek Akhlak meliputi:

  • Pembiasaan tabiat karimah (mahmudah) secara berurutan disajikan pada tiap semester dan jenjang kelas, yaitu: disiplin, hidup bersih, ramah, sopan-santun, syukur nikmat, hidup sederhana, rendah hati, jujur, rajin, percaya diri, kasih sayang, taat, rukun, tolong-menolong, hormat dan patuh, sidik, amanah, tablig, fatanah, tanggung jawab, adil, bijaksana, teguh pendirian, dermawan, optimis, qana’ah, dan tawakal.
  • Mengindari tabiat tercela (mazmumah) secara berurutan disajikan pada tiap semester dan jenjang kelas, yaitu: hidup kotor, berbicara jorok/kasar, bohong, sombong, malas, durhaka, khianat, iri, dengki, membangkang, munafik, hasud, kikir, serakah, pesimis, putus asa, marah, fasik, dan murtad.

c. Aspek etika Islami, meliputi:

  • Adab terhadap diri sendiri, yaitu: etika mandi, tidur, buang air besar/kecil, berbicara, meludah, berpakaian, makan, minum, bersin, belajar, dan bermain.
  • Adab terhadap Allah, yaitu: etika di masjid, mengaji, dan beribadah.
  • Adab kepada sesama, yaitu: kepada orang tua, saudara, guru, dan teman

d. Aspek dongeng teladan, meliputi: Kisah Nabi Ibrahim a.s. mencari Tuhan, Nabi Sulaiman a.s. dengan tentara semut, masa kecil Nabi Muhammad saw., masa dewasa Nabi Muhammad saw., Nabi Ismail a.s., Kan’an, Tsa’labah, Masyitah, Abu Lahab, dan Qarun. Materi kisah-kisah pola ini disajikan sebagai penguat terhadap isi materi, ialah dogma dan tabiat sehingga tidak ditampilkan dalam Standar Kompetensi, tetapi ditampilkan dalam Kompetensi Dasar dan indikator.

3. Fikih
Ruang lingkup mata pelajaran Fikih di Madrasah Ibtidaiyah meliputi:

  • Fikih ibadah, yang menyangkut: pengenalan dan pemahaman ihwal cara pelaksanaan rukun Islam yang benar dan baik, seperti: tata cara taharah, salat, puasa, zakat, dan ibadah haji.
  • Fikih muamalah, yang menyangkut: pengenalan dan pemahaman mengenai ketentuan ihwal masakan dan minuman yang halal dan haram, khitan, kurban, serta tata cara pelaksanaan jual beli dan pinjam meminjam.

4. Sejarah Kebudayaan Islam
Ruang lingkup Sejarah Kebudayan Islam di Madrasah Ibtidaiyah meliputi:

  • Sejarah masyarakat Arab pra-Islam, sejarah kelahiran dan kerasulan Nabi Muhammad saw.
  • Dakwah Nabi Muhammad saw.. dan para sahabatnya, yang mencakup kegigihan dan ketabahannya dalam berdakwah, kepribadian Nabi Muhammad saw., hijrah Nabi Muhammad saw.. ke Thaif, insiden Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad saw.
  • Peristiwa hijrah Nabi Muhammad saw.. ke Yatsrib, keperwiraan Nabi Muhammad saw., insiden Fatpu Makkah, dan insiden ajal Rasulullah saw.
  • Peristiwa-peristiwa pada masa khulafaurrasyidin.
  • Sejarah usaha Wali Sanga.

5. Bahasa Arab
Ruang lingkup pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah mencakup tema-tema ihwal perkenalan, peralatan madrasah, pekerjaan, alamat, keluarga, anggota badan, di rumah, di kebun, di madrasah, di laboratorium, di perpustakaan, di kantin, jam, aktivitas sehari-hari, pekerjaan, rumah, dan rekreasi.

No comments:

Post a Comment