Monday 4 February 2019

Jadi Bakir Standar Pencapaian Perkembangan Anak Bimbing Paud Tk Ra


Rencana pembelajaran PAUD ialah kurikulum operasional yang dijadikan teladan bagi guru atau pendidik untuk mengelola acara bermain guna mendukung anak dalam proses belajar. Rencana pelaksanaan pembelajaran dibentuk sebelum pelaksanaan pembelajaran.

Rencana pembelajaran harus mengacu kepada karakteristik (usia, sosial budaya dan kebutuhan individual) anak yang terlibat dalam pembelajaran. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sebagai teladan guru dalam melakukan pembelajaran untuk:

  1. mendukung keberhasilan pelaksanaan pembelajaran
  2. mengarahkan guru untuk menyiapkan alat dan materi yang diperlukan,
  3. mengarahkan guru untuk membangun sikap, pengetahuan dan keterampilan yang diharapkan dimiliki anak
  4. mendukung keberhasilan pelaksanaan pembelajaran

Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Didik


Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak merupakan kriteria minimal ihwal kualifikasi perkembangan anak yang meliputi aspek nilai agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan seni.

1. Nilai-nilai agama dan moral, meliputi:


mengenal agama yang dianut, mengerjakan ibadah, berperilaku jujur, penolong, sopan, hormat, sportif, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, mengetahui hari besar agama, dan menghormati (toleransi) agama orang lain.

2. Fisik Motorik, meliputi:


  • Motorik Kasar: mempunyai kemampuan gerakan tubuh secara terkoordinasi, lentur, seimbang, dan lincah dan mengikuti aturan.
  • Motorik Halus: mempunyai kemampuan memakai alat untuk mengeksplorasi dan mengekspresikan diri dalam banyak sekali bentuk.
  • Kesehatan dan Perilaku Keselamatan: mempunyai berat badan, tinggi badan, lingkar kepala sesuai usia serta mempunyai kemampuan untuk berperilaku hidup bersih, sehat, dan peduli terhadap keselamatannya.

baca juga:
Pedoman Perkembangan Motorik Kasar dan Halus Usia 0-2 Tahun
Pedoman Perkembangan Motorik Kasar dan Halus Usia 2-4 Tahun
Pedoman Perkembangan Motorik Kasar dan Halus Usia 4-6 Tahun

3. Kognitif, meliputi:


  • Belajar dan Pemecahan Masalah: bisa memecahkan problem sederhana dalam kehidupan sehari-hari dengan cara yang fleksibel dan diterima sosial dan menerapkan pengetahuan atau pengalaman dalam konteks yang baru.
  • Berfikir logis: mengenal banyak sekali perbedaan, klasifikasi, pola, berinisiatif, berencana, dan mengenal lantaran akibat.
  • Berfikir simbolik: mengenal, menyebutkan, dan memakai lambang bilangan 1-10, mengenal abjad, serta bisa merepresentasikan banyak sekali benda dalam bentuk gambar.

4. Bahasa, meliputi:


  • Memahami (reseptif) bahasa: memahami cerita, perintah, aturan, dan menyenangi serta menghargai bacaan.
  • Mengekspresikan Bahasa: bisa bertanya, menjawab pertanyaan, berkomunikasi secara lisan, menceritakan kembali apa yang diketahui
  • Keaksaraan: memahami relasi bentuk dan suara huruf, menggandakan bentuk huruf, serta memahami kata dalam cerita.

5. Sosial-emosional, meliputi:


  • Kesadaran diri: mengatakan kemampuan diri, mengenal perasaan sendiri dan mengendalikan diri, serta bisa menyesuaian diri dengan orang lain
  • Rasa Tanggung Jawab untuk Diri dan Orang lain: mengetahui hak-haknya, mentaati aturan, mengatur diri sendiri, serta bertanggung jawab atas perilakunya untuk kebaikan sesama.
  • Perilaku Prososial: bisa bermain dengan teman sebaya, memahami perasaan, merespon, berbagi, serta menghargai hak dan pendapat orang lain; bersikap kooperatif, toleran, dan berperilaku sopan.

6. Seni, meliputi:


mengeksplorasi dan mengekspresikan diri, berimaginasi dengan gerakan, musik, drama, dan bermacam-macam bidang seni lainnya (seni lukis, seni rupa, kerajinan), serta bisa mengapresiasi karya seni.

No comments:

Post a Comment