Monday 4 February 2019

Jadi Cendekia Buku Tematik Pai Akal Pekerti Untuk Guru Dan Siswa Sd Kurikulum 2013


Dalam struktur anutan Islam, pendidikan budbahasa yaitu yang terpenting. Penguatan keyakinan yaitu dasar. Sementara, ibadah yaitu sarana, sedangkan tujuan kesudahannya yaitu pengembangan budbahasa mulia. Sehubungan dengan itu, Nabi saw, bersabda, "Mukmin yang paling tepat imannya yaitu yang paling baik akhlaknya".

Dengan kata lain, hanya budbahasa mulia yang dipenuhi dengan sifat kasih sayang sajalah yang bisa menjadi bukti kekuatan keyakinan dan kebaikan ibadah. Sejalan dengan itu, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti diorientasikan pada pembentukan budbahasa yang mulia, penuh kasih sayang, kepada segenap unsur alam semesta.

Hal tersebut selaras dengan Kurikulum 2013 yang dirancang untuk membuatkan kompetensi yang utuh antara pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Selain itu, penerima didik tidak hanya diperlukan bertambah pengetahuan dan wawasannya, tapi juga meningkat kecakapan dan keterampilannya serta semakin mulia abjad dan kepribadiannya atau yang berbudi pekerti luhur.

Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti ini ditulis dengan semangat itu. Pembelajarannya dibagi ke dalam beberapa kegiatan keagamaan yang harus dilakukan penerima didik dalam perjuangan memahami pengetahuan agamanya dan mengaktualisasikannya dalam tindakan nyata dan sikap keseharian yang sesuai dengan tuntunan agamanya, baik dalam bentuk ibadah ritual maupun ibadah sosial.

Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap penerima didik dengan ketersediaan kegiatan yang ada pada buku ini. Guru sanggup memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang bersumber dari lingkungan alam, sosial, dan budaya sekitar

Kurikulum 2013 disusun untuk menyempurnakan kurikulum sebelumnya dengan pendekatan berguru aktif menurut nilai-nilai agama dan budaya bangsa. Berkaitan dengan hal ini, Pemerintah telah melaksanakan pembiasaan beberapa nama mata pelajaran, antara lain, yaitu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menjadi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.

Secara khusus, dalam Kurikulum 2013 disusunlah kompetensi inti. Kompetensi inti yaitu tingkat kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki seorang penerima didik pada setiap kelas atau aktivitas (Pasal 1 (1), PP No. 32 Tahun 2013).

buku guru pai sd
buku siswa pai sd

Kompetensi inti memuat kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang dikembangkan ke dalam kompetensi dasar. Perubahan sikap dalam pengamalan anutan agama dan akal pekerti menjadi perhatian utama.

No comments:

Post a Comment