Sunday 10 February 2019

Jadi Cerdik Pola Format Instrumen Monitoring Guru Sertifikasi Tk Ra Paud


Contoh Format Instrumen Monitoring Guru Sertifikasi Taman Kanak-kanak RA PAUD ini sekedar membantu para pelaku pendidikan anak usia dini (PAUD) Taman Kanak-kanak dan RA utamanya kepala sekolah dan pihak yayasan dalam melaksanakan seleksi /penilaian terhadap kinerja guru / pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga menghasilkan anak didik yang berprestasi. Contoh ini memakai format ms word yang bisa di edit sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Sebagai rujukan berikut ini:

Pelaksanaan kewajiban / beban kerja guru akseptor pemberian profesi, meliputi;

I. Pelaksanaan kewajiban / beban kerja guru


A. Jam Kerja dan Kegiatan Tatap Muka Guru


1. Memenuhi Jam Kerja 37,5 Jam kerja (@60menit) per minggu
2. Melaksanakan Kegiatan Tatap muka sekurang-kurangnya 24 Jam Tatap Muka per minggu.

B. Merencanakan Pembelajaran


1. Merencanakan pembelajaran diwujudkan dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai dengan mata pelajaran yang diampu.
2. RPP dibentuk sendiri oleh guru di awal tahun / semester sesuai dengan Rencana kerja sekolah/madrasah

C. Melaksanakan Pembelajaran


1. Melaksanakan Kegiatan awal tatap muka yang meliputi aktivitas pengecekan dan atau penyiapan fisik kelas, materi pelajran, media, dll.
2. Melaksanakan aktivitas tatap muka face to face atau dengan memakai media lain sesuai dengan durasi waktu yang ada.
3. Membuat resume berupa catatan yang berkaitan dengan aktivitas tatap muka yang telah dilaksanakan

D. Menilai Hasil Pembelajaran


1. Melaksanakan evaluasi dengan memakai tes tulis atau lisan
2. Melaksanakan evaluasi dengan memakai non tes berupa pengamatan, pengukuran sikap dan evaluasi hasil karya.

E. Membimbing dan Melatih Peserta didik


1. Melaksanakan bimbingan dan latihan pada aktivitas pembelajaran.
2. Melaksanakan bimbingan dan latihan pada aktivitas intrakuler
3. Melaksanakan bimbingan dan latihan pada aktivitas ekstrakuler

F. Melaksanakan Tugas Tambahan


1. Mendapat kiprah suplemen / jabatan struktual dari sekolah/madrasah
2. Mendapat kiprah suplemen / jabatan khusus dari sekolah/madrasah

II. Kelengkapan pengajaran yang dimiliki


A. Perangkat Pembelajaran


1. Memiliki kalender pendidikan dan Jadual Mengajar Tahun berjalan
2. Memiliki Program Tahunan dan Program Semester berjalan
3. Memiliki Silabus dan RPP mata pelajaran yang diampu
4. Memiliki Jurnal Mengajar mata pelajaran yang diampu
5. Memiliki Buku Penilaian mata pelajran yang diampu
6. Memiliki Buku pegangan guru sesuai mata pelajaran yang diampu
7. Memiliki kumpulan soal-soal yang relevan
8. Memiliki Program remidi dan pengayaan

B. Administrasi Siswa


1. Memiliki ebsensi siswa sesuai mata pelajaran yang diampu.
2. Memiliki data base perkembangan pencapaian prestasi / nilai siswa sesuai dengan mata pelajaran yang diampu.

Rencana pelaksanaan pembelajaran (rpp) guru akseptor pemberian profesi, Kejelasan perumusan tujuan pembelajaran (tidak menjadikan penafsiran ganda dan mengandung sikap hasil belajar)
a. Komponen peserta didik
b. Komponen sikap hasil berguru (kata kerja operasional)
c. Subtansi tujuan dijabarkan dari indikator yang diturunkan dari kompetensi dasar
d. Tidak menjadikan penafsiran ganda
e. Diurutkan dari kompetensi sederhana kekomplek

Materi bimbing (sesuai dengan tujuan dan karakteristik peserta didik)
a. Sesuai dengan tujuan pembelajaran
b. Terkait dengan realita kehidupan / kontekstual
c. Sesuai karakteristik siswa (kemampuan berfikir siswa, realitas budaya setempat)

Pengorganisasian materi bimbing (sistematika materi dan kesesuaian dengan alokasi waktu)
a. Sistimatis (hierakis atau prosedural)
b. Kedalaman dan kesesuaiannya sesuai potensi siswa
c. Alokasi waktu yang proposional

Pemilihan sumber / media pembelajaran
a. Sesuai dengan tujuan pembelajaran
b. Sesuai dengan materi pembelajaran
c. Sesuai karakteristik siswa (tingkat perkembangan kognitif , karakteristik afektif dan keterampilan motorik)

d. Ketersediaan media/sumber
Kejelasan skenario penjelasan
Rumusan langkah-langkah aktivitas pembelajaran pada :
a. Pendahuluan
b. Kegiatan inti
c. Kegiatan penutup

Kerincian skenario pembelajaran (setiap langkah tercermin strategi/metode dan alokasi waktu pada setiap tahap)
a. Merencanakan strategi/metode pada setiap langkah kegiatan
b. Alokasi waktu secara proposional setiap tahapan kegiatan
c. Adanya aktivitas guru dan aktivitas siswa

Kesesuaian teknik evaluasi dengan tujuan pembelajaran
Sesuai karakteristik kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran,
meliputi :
a. Penilaian proses
b. Penilaian hasil
c. Tes tulis atau verbal untuk mengukur aspek kognitif
d. Observasi untuk mengukur aspek afektif atau psikomotor
e. Portofolio

Kelengkapan instrumen (soal, kunci, pedoman penskoran)
a. Naskah soal
b. Lembar pengamatan
c. Kunci jawaban
d. Pedoman penskoran

Pelaksanaan aktivitas pembelajaran guru akseptor pemberian profesi

I PRAPEMBELAJARAN
a. Memeriksa Kesiapan siswa
b. Melakukan aktivitas apersepsi
II KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN
A. Penguasaan materi pelajaran
a. Menunjukkan penguasaan materi pembelajaran
b. Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan
c. Menyampaikan materi dengan terang dan sesuai dengan hierarki belajar
d. Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan
B. Pendekatan/strategi pembelajaran
a. Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi (tujuan) yang akan dicapai
b. Melaksanakan pembelajaran secara runtut
c. Menguasai kelas
d. Melaksanakan pembelajaran yang kontekstual
e. Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif
f. Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan
C. Pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran
a. Menggunakan media secara efektif dan efisien
b. Menghasilkan pesan yang menarik
c. Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media
D. Pembelajaran yang memicu dan memelihara keterlibatan siswa
a. Menumbuhkan partispasi aktif siswa dalam pembelajaran
b. Menumbuhkan sikap terbuka terhadap respon siswa
c. Menumbuhkan keceriaan dan antusisme siswa dalam belajar
E. Penilaian proses dan hasil belajar
a. Memantau kemajuan berguru selama proses
b. Melakukan evaluasi final sesuai dengan kompetensi (tujuan)
F. Penggunaan bahasa
a. Menggunakan bahasa verbal dan tulis secara jelas, baik, dan benar
b. Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai

Selengkapnya silahkan anda unduh pada link dibawah ini:
Format Instrumen Monitoring Guru Sertifikasi Taman Kanak-kanak RA PAUD

Demikian saja sekedar sedikit klarifikasi dari perihal poin-poin Format Instrumen Monitoring Guru Sertifikasi Taman Kanak-kanak RA PAUD, biar bisa menunjukkan manfaat untuk kita semua.

No comments:

Post a Comment