Monday 11 February 2019

Jadi Cerdik Silabus Pai Dan Bahasa Arab Untuk Mi Kelas 1 2 4 5 Kurikulum 2013 Revisi 2017


Silabus PAI dan Bahasa Arab Untuk Madrasah Ibtidaiyah Kurikulum 2013 Revisi 2017. Lagi lagi membagikan update terbaru silabus pendidikan agama islam (PAI) untuk madrasah ibtidaiyah kelas 1 2 4 5 revisi tahun 2017. Update silabus MI kali ini merupakan buah tangan saya dari pertemuan / rapat terkait dengan kurikulum 2013 di kementerian agama dan sudah disesuaikan.

Silabus ini disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga gampang dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan semoga penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) bahan dan kompetensinya. Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; gampang diajarkan oleh guru (teachable); gampang dipelajari oleh penerima didik (learnable); terukur pencapainnya (measurable), dan bermakna untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan penerima didik.

Silabus ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan menunjukkan kesempatan kepada guru untuk menyebarkan dan melakukan pembelajaran, serta mengakomodasi keungulan-keunggulan lokal. Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus meliputi kompetensi dasar, bahan pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran. Uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas. Pembelajaran tersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru sanggup menyebarkan banyak sekali model yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran.

Dalam melakukan silabus ini guru diperlukan kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yang diubahsuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan penerima didik.

Nah untuk file silabus ini bisa anda unduh pada link di bawah ini, silahkan pilih sesuai mata pelajaran dan kelas:

alQuran hadits kls 1
alQuran hadits kls 2
alQuran hadits kls 4
alQuran hadits kls 5
akidah moral kls 1
akidah moral kls 2
akidah moral kls 4
akidah moral kls 5
fiqih kls 1
fiqih kls 2
fiqih kls 4
fiqih kls 5
Bhs Arab kls 1
Bhs Arab kls 2
Bhs Arab kls 4
Bhs Arab kls 5
SKI kls 4
SKI kls 5

Demikian dari kami, semoga bisa mambantu dan bermanfaat untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Amin...

No comments:

Post a Comment