Sunday 10 February 2019

Jadi Terpelajar Karakteristik Dan Kompetensi Mata Pelajaran Matematika Pada Kurikulum 2013


Matematika merupakan ilmu universal yang mempunyai kegunaan bagi kehidupan insan dan juga mendasari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi modern, serta mempunyai tugas penting dalam aneka macam disiplin untuk meningkatkan dan membuatkan daya pikir manusia. Perkembangan pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi sampaumur ini dilandasi oleh perkembangan matematika di bidang teori bilangan, aljabar, analisis, teori peluang, dan matematika diskrit.

Untuk menguasai dan membuat teknologi di masa depan, dibutuhkan penguasaan dan pemahaman atas matematika yang berpengaruh semenjak dini. Objek kajian matematika bersifat asbtrak, metode untuk melaksanakan kajian terhadap objek matematika bersifat deduktif, sehingga kebermaknaan pembelajaran matematika di SD salah satunya sanggup ditingkatkan melalui pembelajaran matematika dalam konteks dunia konkret siswa.

Pengembangan kompetensi matematika diarahkan untuk meningkatkan kecakapan hidup (life skill), terutama dalam membangun kreatifitas, kemampuan berpikir kritis, berkolaborasi atau berhubungan dan keterampilan berkomunikasi yang menjadi tuntutan keterampilan periode 21. Selain itu, pengembangan kompetensi matematika juga menekankan kemahiran atau keterampilan memakai perangkat teknologi untuk melaksanakan perhitungan teknis (komputasi) dan penyajian dalam bentuk gambar dan grafik (visualisasi), yang penting untuk mendukung keterampilan lainnya yang bersifat keterampilan lintas disiplin ilmu dan keterampilan yang bersifat non-kognitif serta pengembangan nilai, norma dan watak (soft skill).

Dukungan pembelajaran matematika dalam kaitan pengembangan sikap spiritual dan sikap sosial dilaksanakan melalui acara pembelajaran tidak eksklusif / indirect teaching, berupa penyesuaian sikap baik, keteladanan, dan tindakan perbaikan secara eksklusif untuk mengembangkan, membangun atau meningkatkan sikap positif siswa.

Cakupan bahan matematika di SD mencakup bilangan asli, bulat, dan pecahan, geometri dan pengukuran sederhana, dan statistika sederhana. Pendidikan matematika di sekolah diharapkan memperlihatkan donasi dalam mendukung pencapaian kompetensi lulusan pendidikan dasar dan pendidikan menengah melalui pengalaman belajar, semoga mampu:

  1. Memahami konsep dan menerapkan mekanisme matematika dalam kehidupan sehari-hari ;
  2. Melakukan operasi matematika dalam bentuk operasi hitung, menganalisis komponen atau sifat dari suatu lisan atau kalimat matematika serta menyederhanakan lisan matematika untuk menuntaskan masalah.
  3. Berpikir kritis melalui daypikir matematis yang mencakup membuat generalisasi menurut pola, fakta, fenomena atau data yang ada, membuat dugaan dan memverifikasinya, menjelaskan alasan dalam mengklasifikasi aneka macam benda berdasar bentuk, warna, kemiripan, dan perbedaan berdasar kriteria tertentu.
  4. Memecahkan duduk kasus dan mengomunikasikan gagasan melalui simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah;
  5. Menumbuhkan sikap positif menyerupai sikap logis, kritis , cermat, teliti, dan tidak gampang mengalah dalam memecahkan masalah, sebagai wujud implementasi kebiasaan dalam inkuiri dan eksplorasi matematika.
  6. Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.

No comments:

Post a Comment