Monday 4 February 2019

Jadi Terpelajar Rpp Pjok Revisi 2017 Sd Mi Kelas 2 Kurikulum 2013


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran PJOK Revisi 2017 SD MI Kelas 2 Kurikulum 2013. Pelaksanaan Kurikulum 2013 pada SD / Madrasah Ibtidaiyah dilakukan melalui pembelajaran dengan pendekatan tematik-terpadu dari Kelas I hingga Kelas VI. Mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dikecualikan untuk tidak memakai pembelajaran tematik-terpadu.

Proses Pembelajaran yang Mendukung Kreativitas berdasarkan Dyers, J.H. et al [2011], Innovators DNA, Harvard Business Review:

  1. 2/3 dari kemampuan kreativitas seseorang diperoleh melalui pendidikan, 1/3 sisanya berasal dari genetik.
  2. Kebalikannya berlaku untuk kemampuan intelijensia yaitu: 1/3 dari pendidikan, 2/3 sisanya dari genetik.
  3. Kemampuan kreativitas diperoleh melalui:
  4. Observing [mengamati]
  5. Questioning [menanya]
  6. Associating [menalar]
  7. Experimenting [mencoba] 
  8. Networking [Membentuk jejaring]

Perlunya merumuskan kurikulum berbasis proses pembelajaran yang mengedepankan pengalaman personal melalui proses mengamati, menanya, menalar, dan mencoba [observation based learning] untuk meningkatkan kreativitas penerima didik. Disamping itu, dibiasakan bagi penerima didik untuk bekerja dalam jejaringan melalui collaborative learning.

Sharp, C. 2004. Developing young children’s creativity: what can we learn from research?:
Guru sanggup menciptakan penerima didik berani berperilaku kreatif melalui:

  1. tugas yang tidak hanya mempunyai satu tanggapan tertentu yang benar [banyak / semua tanggapan benar],
  2. mentolerir tanggapan yang nyeleneh,
  3. menekankan pada proses bukan hanya hasil saja,
  4. memberanikan penerima didik untuk mencoba, untuk memilih sendiri yang kurang jelas/lengkap informasinya, untuk mempunyai interpretasi sendiri terkait dengan pengetahuan atau insiden yang diamatinya
  5. memberikan keseimbangan antara yang terstruktur dan yang spontan/ekspresif


Perlunya merumuskan kurikulum yang meliputi proses evaluasi yang menekankan pada proses dan hasil sehingga diharapkan evaluasi berbasis portofolio (pertanyaan yang tidak mempunyai tanggapan tunggal, memberi nilai bagi tanggapan nyeleneh, menilai proses pengerjaannya bukan hanya hasilnya, evaluasi spontanitas / ekspresif, dll)

Kompetensi Inti Mata Pelajaran PJOK


  • KI 1 Menerima, menjalankan, dan menghargai anutan agama yang dianutnya
  • KI 2 Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air
  • KI 3: Memahami pengetahuan factual dengan cara mengamati dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya dirumah, disekolah, dan daerah bermain.
  • KI 4: Menyajikan pengetahuan factual dalam bahasa yang jelas, sistematis dal logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia

Kompetensi Dasar


Muatan Pelajaran 1 ( PJOK )
KD, Indikator, Analisa Hasil Indikator
3.1 Mengetahui konsep gerak variasi contoh gerak dasar lokomotor dalam banyak sekali bentuk permainan sederhana atau tradisional; Mengidentifikasi banyak sekali variasi contoh gerak dasar lokomotor dalam permainan sederhana.
4.1 Mempraktikkan variasi contoh gerak dasar lokomotor yang dilandasi konsep gerak dalam banyak sekali bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1.1 Melakukan variasi gerak jalan ke banyak sekali arah.
4.1.2 Melakukan variasi lari ke banyak sekali arah.
4.1.3 Melakukan variasi lompat ke banyak sekali arah.
4.1.4 Melakukan variasi lempar ke banyak sekali arah

RPP PJOK Revisi 2017 SD MI Kelas 2 Kurikulum 2013

Tujuan Pembelajaran


  1. Dengan media gambar, siswa sanggup mengidentifikasi banyak sekali variasi contoh gerak dasar lokomotor dalam permainan sederhana dengan percaya diri.
  2. Dengan memperhatikan media gambar, siswa sanggup melaksanakan variasi gerak jalan ke banyak sekali arah dengan percaya diri.
  3. Dengan memperhatikan media gambar, siswa sanggup melaksanakan variasi lari ke banyak sekali arah dengan percaya diri.
  4. Dengan memperhatikan media gambar, siswa sanggup melaksanakan variasi lompat ke banyak sekali arah dengan percaya diri.
  5. Dengan memperhatikan media gambar, siswa melaksanakan gerak lempar ke banyak sekali arah dengan percaya diri.

No comments:

Post a Comment