Monday 4 February 2019

Jadi Akil Ruang Lingkup Mata Pelajaran Pai Dan Bahasa Arab Kurikulum 2013 Ma


1. Al-Qur’an Hadis
Masalah dasar-dasar ilmu Al-Qur’an dan al-Hadis, meliputi: 1) Pengertian Al-Qur'an berdasarkan para ahli, Pengertian hadis, sunnah, khabar, atsar dan hadis qudsi, Bukti keotentikan Al-Qur’an ditinjau dari segi keunikan redaksinya, kemukjizatannya, dan sejarahnya, Isi pokok fatwa Al-Qur’an dan pemahaman kandungan ayat-ayat yang terkait dengan isi pokok fatwa Al-Qur’an, Fungsi Al-Qur’an dalam kehidupan, Fungsi hadis terhadap Al-Qur’an, Pengenalan kitab-kitab yang berafiliasi dengan cara-cara mencari surat dan ayat dalam Al-Qur’an, Pembagian hadis dari segi kuantitas dan kualitasnya.

Tema-tema yang ditinjau dari perspektif Al-Qur’an dan al-Hadis, yaitu: Manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi, Demokrasi dan musyawarah mufakat, Keikhlasan dalam beribadah, Nikmat Allah dan cara mensyukurinya, Perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup, Pola hidup sederhana dan perintah menyantuni para duafa, Berkompetisi dalam kebaikan, Amar ma‘ruf nahi munkar, Ujian dan cobaan manusia, Tanggung jawab insan terhadap keluarga dan masyarakat, Berlaku adil dan jujur, Toleransi dan etika pergaulan, Etos kerja, Makanan yang halal dan baik, Ilmu pengetahuan dan teknologi

2. Akidah-Akhlak
Ruang lingkup mata pelajaran Akidah-Akhlak di Madrasah Aliyah meliputi:
a. Aspek akidah terdiri atas: prinsip-prinsip akidah dan metode peningkatannya, al-asmq’ al-husnw, konsep Tauhid dalam Islam, syirik dan implikasinya dalam kehidupan, pengertian dan fungsi ilmu kalam serta hubungannya dengan ilmu-ilmu lainnya, dan aliran-aliran dalam ilmu kalam (klasik dan modern),

b. Aspek adab terpuji meliputi: dilema adab yang mencakup pengertian akhlak, induk-induk adab terpuji dan tercela, metode peningkatan kualitas akhlak; macam-macam adab terpuji menyerupai husnuz-zan, taubat, adab dalam berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan mendapatkan tamu, adil, rida, amal salih, persatuan dan kerukunan, adab terpuji dalam pergaulan remaja; serta pengenalan ihwal tasawuf.

c. Aspek adab tercela meliputi: riya, aniaya dan diskriminasi, perbuatan dosa besar (seperti mabuk-mabukan, berjudi, zina, mencuri, mengonsumsi narkoba), isrwf, tabzir, dan fitnah.

d. Aspek adat meliputi: adat kepada orang bau tanah dan guru, adat membesuk orang sakit, adat berpakaian, berhias, perjalanan, bertamu dan mendapatkan tamu, melaksanakan takziyah, adat bergaul dengan orang yang sebaya, yang lebih bau tanah yang lebih muda dan lawan jenis, Adab membaca Al-Qur’an dan berdoa.

e. Aspek Kisah meliputi: Kisah kelicikan saudara-saudara Nabi Yusuf a.s., Ulul Azmi, Kisah Sahabat: Fatimatuzzahrah, Abdurrahman bin Auf, Abu Dzar al-Ghifari, Uwes al-Qarni, al-Ghazali, Ibn Sina, Ibn Rusyd dan Iqbal

3. Fikih
Ruang lingkup mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah mencakup : kajian ihwal prinsip-prinsip ibadah dan syari’at dalam Islam; aturan Islam dan perundang-undangan ihwal zakat dan haji, pesan tersirat dan cara pengelolaannya; pesan tersirat kurban dan akikah; ketentuan aturan Islam ihwal pengurusan jenazah; aturan Islam ihwal kepemilikan; konsep perekonomian dalam Islam dan hikmahnya; aturan Islam ihwal pelepasan dan perubahan harta beserta hikmahnya; aturan Islam ihwal wakwlah dan sulhu beserta hikmahnya; aturan Islam ihwal daman dan kafwlah beserta hikmahnya; riba, bank dan asuransi; ketentuan Islam ihwal jinwyah, hudyd dan hikmahnya; ketentuan Islam ihwal peradilan dan hikmahnya; aturan Islam ihwal keluarga, waris; ketentuan Islam ihwal siywsah syar’iyah; sumber aturan Islam dan aturan taklifi; dasar-dasar istinbwt dalam fikih Islam; kaidah-kaidah usul fikih dan penerapannya.

4. Sejarah Kebudayaan Islam
Ruang lingkup mata pelajaran Sejarah Kebudayan Islam di Madrasah Aliyah meliputi:

  • Dakwah Nabi Muhammad saw. pada periode Makkah dan periode Madinah.
  • Kepemimpinan umat sesudah Rasulullah saw. wafat.
  • Perkembangan Islam periode klasik/zaman keemasan (pada tahun 650 M – 1250 M).
  • Perkembangan Islam pada kala pertengahan/zaman kemunduran (1250 M – 1800 M).
  • Perkembangan Islam pada masa modern/zaman kebangkitan (1800-sekarang).
  • Perkembangan Islam di Indonesia dan di dunia.


5. Bahasa Arab
Mata pelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah terdiri atas materi yang berupa wacana verbal dan goresan pena berbentuk paparan atau obrolan ihwal perkenalan, kehidupan keluarga, hobi, pekerjaan, remaja, kesehatan, akomodasi umum, pariwisata, kisah-kisah Islam, wawasan Islam, hari-hari besar Islamdan tokoh-tokoh Islam untuk melatih keempat aspek kemampuan berbahasa, ialah menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.

No comments:

Post a Comment