Tuesday 5 February 2019

Jadi Arif Buku Guru Dan Siswa Kurikulum 2013 Sd Mi Kelas 4 Semester 1 Revisi Terbaru


Buku Guru dan Siswa Kurikulum 2013 SD MI Kelas 4 Semester 1 Revisi Terbaru. Kurikulum 2013 dirancang untuk menyebarkan kompetensi siswa dalam ranah pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. Proses pencapaiannya dilaksanakan dengan memadukan ketiga ranah tersebut melalui pendekatan pembelajaran tematik terpadu. Untuk mendukung ketercapaian tujuan kurikulum, maka diharapkan buku tematik berbasis acara yang mendorong akseptor didik untuk mencapai standar yang telah ditentukan.

Buku tematik terpadu ini menjabarkan proses pembelajaran yang akan membantu siswa mencapai setiap kompetensi yang diharapkan melalui pembelajaran aktif, kreatif, menantang, dan bermakna serta mendorong mereka untuk berpikir kritis berlandaskan kepada nilai-nilai luhur.

Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini. Guru sanggup menyebarkan dan memperkaya pengalaman mencar ilmu siswa dengan daya kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang relevan dan diadaptasi dengan potensi siswa di sekolah masing-masing. Buku ini ialah merupakan penyempurnaan dari edisi terdahulu.

Buku ini disusun supaya guru menerima citra yang terang dan rinci dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Adapun buku ini berisi sebagai berikut:

  1. Jaringan tema yang memberi citra kepada guru perihal suatu tema yang melingkupi beberapa kompetensi dasar (KD) dan indikator dari banyak sekali mata pelajaran.
  2. Kegiatan pembelajaran tematik terpadu untuk menggambarkan kegiatan pembelajaran yang menyatu dan mengalir.
  3. Pengalaman mencar ilmu yang bermakna untuk membangun sikap dan sikap positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi, kemampuan menuntaskan masalah, inkuiri, kreativitas, dan langsung reflektif.
  4. Berbagai teknik evaluasi akseptor didik.
  5. Informasi yang menjadi pola kegiatan remedial dan pengayaan.
  6. Kegiatan interaksi guru dan orang renta yang menunjukkan kesempatan kepada orang renta untuk ikut berpartisipasi aktif melalui kegiatan mencar ilmu akseptor didik di rumah.
  7. Petunjuk penggunaan buku akseptor didik.

Kegiatan pembelajaran di buku ini didesain untuk menyebarkan kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) akseptor didik melalui acara yang bervariasi sebagai berikut.

  1. Membuka pelajaran yang menarik perhatian akseptor didik menyerupai membacakan cerita, bertanya jawab, bernyanyi, permainan, demonstrasi, menunjukkan masalah, dan sebagainya.
  2. Menginformasikan tujuan pembelajaran sehingga akseptor didik sanggup mengorganisasi informasi yang disampaikan (apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dikerjakan).
  3. Memantik pengetahuan akseptor didik yang diperoleh sebelumnya supaya akseptor didik bisa mengaitkan pengetahuan terdahulu dan yang akan dipelajari.
  4. Pemberian kiprah yang sedikit demi sedikit guna membantu akseptor didik memahami konsep.
  5. Penugasan yang membutuhkan keterampilan tingkat tinggi.
  6. Pemberian kesempatan untuk melatih keterampilan atau konsep yang telah dipelajari.
  7. Pemberian umpan balik yang akan menguatkan pemahaman akseptor didik.

Ketika pembelajaran Matematika dan PJOK dalam buku tematik terpadu kelas IV SD terkait dengan mata pelajaran lainnya (tanda biru) maka guru tetap memakai buku ini. Namun, dikala Matematika dan PJOK tidak terkait dengan mata pelajaran lainnya (tanda merah) guru memakai buku Matematika dan PJOK yang telah ditetapkan kelayakan penggunaannya di sekolah menurut keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Buku Guru
Buku guru tema 1
Buku guru tema 2
Buku guru tema 3
Buku guru tema 4
Buku guru tema 5

Buku Siswa
Buku siswa tema 1
Buku siswa tema 2
Buku siswa tema 3
Buku siswa tema 4
Buku siswa tema 5

No comments:

Post a Comment