Monday 11 February 2019

Jadi Arif Ki Dan Kd Serta Silabus Semua Mapel Umum Ma Sma Smk Kurikulum 2013


KI dan KD Serta Silabus Mapel Umum MA Sekolah Menengan Atas Sekolah Menengah kejuruan Kurikulum 2013 yang sudah di revisi tahun 2017. Mata pelajaran umum disini mencakup mapel pendidikan kewarganegaraan (PKn), bahasa indonesia, matematika, sejarah, bahasa inggris seni budaya dan ketemapilan (SBK), pendidikan jasmani dan rohani olahraga dan kesehatan (penjasorkes), prakarya, fisika, kimia, biologi, geografi, ekonomi, dan lain-lain.

Pembelajaran dirancang sebagai wahana untuk menyebarkan keterampilan era 21 melalui mata pelajaran serta memperkuat upaya perubahan cara pandang (mindset) para guru untuk menjadi lebih kreatif dan inovatif  dalam mengelola dan menyebarkan pembelajaran.

baca:
KI-KD SD MI Sekolah Menengah Pertama MTs MA Sekolah Menengan Atas Sekolah Menengah kejuruan Kurikulum 2013 Revisi 2018

Kompetensi, materi, dan pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dikembangkan melalui pertimbangan kepentingan hidup bersama secara tenang dan serasi (to live together in peace and harmony). Pembelajaran dilaksanakan berbasis acara pada kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.

Penumbuhan dan pengembangan sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran, pembiasaan, keteladanan, dan pembudayaan untuk menyebarkan huruf penerima didik lebih lanjut. Sekolah sebagai taman yang menyenangkan untuk tumbuh berkembangnya pengetahuan, keterampilan, dan sikap siswa yang menempatkan pengetahuan sebagai sikap (behavior), tidak hanya berupa hafalan atau verbal.

Kompetensi Dasar Mata Pelajaran umum disusun sesuai dengan Kompetensi Inti tiap kelas. Kompetensi inti dirancang seiring dengan meningkatnya usia penerima didik pada kelas tertentu. Melalui kompetensi inti, integrasi vertikal banyak sekali kompetensi dasar pada kelas yang berbeda sanggup dijaga. Rumusan kompetensi inti memakai notasi sebagai berikut:
  1. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual;
  2. Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial;
  3. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan; dan
  4. Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan

Pengorganisasian ruang lingkup materi umum dikembangkan sesuai dengan prinsip mendalam dan meluas, mulai dari jenjang SD/MI hingga dengan jenjang SMA/MA/SMK. Prinsip mendalam berarti materi umum dikembangkan dengan materi pokok sama, namun semakin tinggi tingkat kelas atau jenjang semakin mendalam pembahasan materi. Prinsip meluas berarti lingkungan materi dari keluarga, sobat pergaulan, sekolah, masyarakat, bangsa dan negara, serta pergaulan dunia. Kedalaman dan keluasan materi sanggup dilihat dari rumusan kompetensi dasar.

Pendekatan Pembelajaran Berbasis Proses Keilmuan (Scientific Approach) yang dipersyaratkan dalam kurilukum 2013 memusatkan perhatian pada proses pembangunan pengetahuan (KI-3, keterampilan (KI–4), sikap spiritual (KI-1) dan sikap sosial (KI-2) melalui transformasi pengalaman empirik dan pemaknaan konseptual. Pendekatan tesebut mempunyai langkah generik sebagai berikut:

  1. Mengamati (observing),
  2. Menanya (questioning),
  3. Mengeksplorasi/mencoba (exploring),
  4. Mengasosiasi/menalar (assosiating)
  5. Mengkomunikasikan (comunicating)

Pada setiap langkah sanggup diterapkan model pembelajaran yang lebih spesifik, misalnya:

  1. untuk mengamati antara lain sanggup memakai model menyimak dengan penuh perhatian;
  2. untuk menanya antara lain sanggup memakai model bertanya dialektis/mendalam;
  3. untuk mengeksplorasi antara lain sanggup memakai model kajian dokumen historis;
  4. untuk menalar antara lain sanggup memakai model diskusi insiden publik;
  5. untuk mengkomunikasikan antara lain sanggup memakai model presentasi gagasan di depan publik (public hearing).

Kegiatan berguru dan pembelajaran menekankan pada hal-hal antara lain sebagai berikut:

  1. Meningkatkan rasa keingintahuan (Foster a sense of wonder) terkait hal-hal baik yang bersifat empirik maupun konseptual;
  2. Meningkatkan keterampilan mengamati (Encourage observation) dalam konteks yang lebih luas, bukan hanya yang bersifat kasat mata tetapi juga yang syarat makna;
  3. Melakukan analisis (Push for analysis) untuk mendapat doktrin nilai dan budpekerti yang berujung pada pemilikan huruf tertentu dan
  4. Berkomunikasi (Require communication), baik yang bersifat intrapersonal (berkomunikasi dalam dirinya) / kontemplasi maupun interpersonal mengenai hal yang terpikirkan maupun yang bersifat meta kognitif.

Dan semua file KI dan KD serta silabus semua mata pelajaran ini bagikan dalam bentuk format ms word yang sanggup anda unduh pada link di bawah ini:

KI dan KD Serta Silabus MA Sekolah Menengan Atas Sekolah Menengah kejuruan Kurikulum 2013

Demikian dari kami, biar sanggup mambantu dan bermanfaat untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Amin...

No comments:

Post a Comment