Sunday 10 February 2019

Jadi Arif Rpp Silabus Prota Promes Mata Pelajaran Al-Quran Hadits Mi Kelas 1 2 3 4 5 6


RPP Silabus Prota Promes Mata Pelajaran Al-Quran Hadits MI Kelas 1 2 3 4 5 6. Mata pelajaran Al-Qur’an-Hadits di Madrasah Ibtidaiyah ialah salah satu mata pelajaran PAI yang menekankan pada kemampuan membaca dan menulis al-Qur’an dan hadits dengan benar, serta hafalan terhadap surat-surat pendek dalam al-Qur’an, pengenalan arti atau makna secara sederhana dari surat-surat pendek tersebut dan hadits-hadits perihal adat terpuji untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari melalui keteladanan dan pembiasaan.

Hal ini sejalan dengan misi pendidikan dasar ialah untuk: (1) pengembangan potensi dan kapasitas berguru penerima didik, yang menyangkut: rasa ingin tahu, percaya diri, ketrampilan berkomunikasi dan kesadaran diri; (2) pengembangan kemampuan baca-tulis-hitung dan bernalar, ketrampilan hidup, dasar-dasar keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan YME; serta (3) fondasi bagi pendidikan berikutnya.

Di samping itu, juga mempertimbangkan perkembangan psikologis anak, bahwa tahap perkembangan intelektual anak usia 6-11 tahun ialah operasional konkrit (Piaget). Peserta didik pada jenjang pendidikan dasar juga merupakan masa social imitation (usia 6 - 9 tahun) atau masa mencontoh, sehingga diharapkan figur yang sanggup memberi tumpuan dan teladan yang baik dari orang-orang sekitarnya (keluarga, guru dan teman-teman sepermainan), usia 9 – 12 tahun sebagai masa second star of individualisation atau masa individualisasi, dan usia 12-15 tahun  merupakan masa social adjustment atau penyesuaian diri secara sosial.

Secara substansial mata pelajaran Al-Qur’an-Hadits mempunyai bantuan dalam menawarkan motivasi kepada penerima didik untuk mengasihi kitab sucinya, mempelajari dan mempraktikkan anutan dan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an-Hadits sebagai sumber utama anutan Islam dan sekaligus menjadi pegangan dan pedoman hidup dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan Mata pelajaran Al-Qur’an-Hadits di MI


  1. Memberikan kemampuan dasar kepada penerima didik dalam membaca, menulis, membiasakan, dan menggemari membaca al-Qur’an dan Hadits;
  2. Memberikan pengertian, pemahaman, penghayatan isi kandungan ayat-ayat al-Qur’an-Hadits melalui keteladanan dan pembiasaan;
  3. Membina dan membimbing sikap penerima didik dengan berpedoman pada isi kandungan ayat al-Qur’an dan al-Hadits.

Ruang lingkup mata pelajaran al-Qur’an-Hadits


  1. Pengetahuan dasar membaca dan menulis al-Qur’an yang benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid
  2. Hafalan surat-surat pendek dalam al-Qur’an, dan pemahaman sederhana perihal arti dan makna kandungannya serta pengamalannya melalui keteladanan dan adaptasi dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Pemahaman dan pengamalan melalui keteladanan dan adaptasi mengenai hadits-hadits yang berkaitan dengan kebersihan, niat, menghormati orang tua, persaudaraan, silaturahim, taqwa, menyayangi anak yatim, salat berjamaah, ciri-ciri orang munafik dan amal shaleh

Standar Kompetensi Lulusan


  1. Membaca, menghafal, menulis, dan memahami  surat-surat pendek dalam al-Qur’an  surat al-Fatihah, an-Nas hingga surat  ad-Duha
  2. Menghafal, memahami arti, dan mengamalkan hadits-hadits pilihan perihal akhlak, dan amal saleh.

Selengkapnya file dari admin NomIfrod.com bisa anda download pada link dibawah ini:

skl sk-kd Al-Quran Hadits
pemetaan kd Al-Quran Hadits
program tahunan Al-Quran Hadits
program semester Al-Quran Hadits
rpp Al-Quran Hadits
silabus Al-Quran Hadits
kkm Al-Quran Hadits

Demikian dari kami, agar bisa mambantu dan bermanfaat untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Amin...

Referensi: www.abdimadrasah.com

No comments:

Post a Comment