Sunday 10 February 2019

Jadi Cerdik Rpp Silabus Prota Prosem Mata Pelajaran Bahasa Arab Mi Kelas 1 2 3 4 5 6


RPP Silabus Prota Prosem Mata Pelajaran Bahasa Arab MI Kelas 1 2 3 4 5 6. Mata pelajaran Bahasa Arab merupakan suatu mata pelajaran yang diarahkan untuk mendorong, membimbing, mengembangkan, dan membina kemampuan serta menumbuhkan perilaku kasatmata terhadap Bahasa Arab baik reseptif maupun produktif.

Kemampuan reseptif adalah kemampuan untuk memahami pembicaraan orang lain dan memahami bacaan. Kemampuan produktif adalah kemampuan memakai bahasa sebagai alat komunikasi baik secara verbal maupun secara tertulis. Kemampuan berbahasa Arab serta perilaku kasatmata terhadap bahasa Arab tersebut sangat penting dalam membantu memahami sumber anutan Islam adalah al-Qur’an dan Hadits, serta kitab-kitab berbahasa Arab yang berkenaan dengan Islam bagi penerima didik.

Untuk itu, bahasa Arab di Madrasah dipersiapkan untuk pencapaian kompetensi dasar berbahasa, yang meliputi empat keterampilan berbahasa yang diajarkan secara integral, adalah menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Meskipun begitu, pada tingkat pendidikan dasar (elementary) dititikberatkan pada kecakapan menyimak dan berbicara sebagai landasan berbahasa.

Pada tingkat pendidikan menengah (intermediate), keempat kecakapan berbahasa diajarkan secara seimbang. Sedangkan pada tingkat pendidikan lanjut (advanced) dikonsentrasikan pada kecakapan membaca dan menulis, sehingga penerima didik diperlukan bisa mengakses aneka macam rujukan berbahasa Arab.

Tujuan Mata pelajaran Bahasa Arab


  1. Mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Arab, baik verbal maupun tulisan, yang meliputi empat kecakapan berbahasa, yakni menyimak (istima’), berbicara (kalam), membaca (qira’ah), dan menulis (kitabah).
  2. Menumbuhkan kesadaran perihal pentingnya Bahasa Arab sebagai salah satu bahasa abnormal untuk menjadi alat utama belajar, khususnya dalam mengkaji sumber-sumber anutan Islam.
  3. Mengembangkan pemahaman perihal saling keterkaitan antara bahasa dan budaya serta memperluas cakrawala budaya. Dengan demikian penerima didik diperlukan mempunyai wawasan lintas budaya dan melibatkan diri dalam keragaman budaya.

Ruang lingkup pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyyah meliputi tema-tema perihal perkenalan, peralatan sekolah, pekerjaan, alamat, keluargaku, anggota badan, di rumah, di kebun, di sekolah di laboratorium, di perpustakaan, di kantin, jam, aktivitas sehari-hari, pekerjaan, rumah, dan rekreasi.

Standar Kompetensi Lulusan (SKL)


  1. Menyimak; Memahami wacana verbal dalam bentuk paparan atau obrolan perihal perkenalan dan hal-hal yang ada di lingkungan rumah maupun sekolah.
  2. Berbicara; Mengungkapkan makna secara verbal dalam bentuk paparan atau obrolan perihal perkenalan dan hal-hal yang ada di lingkungan rumah maupun sekolah
  3. Membaca; Membaca dan memahami makna wacana tertulis dalam bentuk paparan atau obrolan perihal perkenalan dan hal-hal yang ada di lingkungan rumah maupun sekolah .
  4. Menulis; Menuliskan kata, ungkapan, dan teks fungsional pendek sederhana dengan ejaan dan tanda baca yang tepat

Selengkapnya bagikan dalam bentuk file download pada link dibawah ini:

skl sk-kd arab
pemetaan kd arab
program tahunan arab
program semester arab
rpp arab
silabus arab
kkm arab

Demikian dari kami, agar bisa mambantu dan bermanfaat untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Amin...

Referensi: www.abdimadrasah.com

No comments:

Post a Comment