Sunday 10 February 2019

Jadi Arif Prota Promes Rpp Silabus Skl Sk-Kd Mata Pelajaran Ski Mi Kelas 4 5 6


Assalamualaikum... Pembaca / para guru yang budiman. Kembali lagi kami bagikan perangkat pembelajaran untuk madrasah ibtidaiyah (MI) kelas 1 2 3 4 5 dan 6 mata pelajaran sejarah kebudayaan islam (SKI). Meliputi: SKL SK-KD, KKM, RPP, silabus, prota promes dalam bentuk format word.

Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Ibtidaiyah merupakan salah satu mata pelajaran PAI yang menelaah perihal asal-usul, perkembangan, peranan kebudayaan / peradaban Islam dan para tokoh yang berprestasi dalam sejarah Islam di masa lampau, mulai dari sejarah masyarakat Arab pra-Islam, sejarah kelahiran dan kerasulan Nabi Muhammad SAW, hingga masa Khulafaur Rasyidin.

Mata pelajaran Sejarah Kebudayan Islam (SKI) mempunyai bantuan dalam menawarkan motivasi kepada akseptor didik untuk mengenal, memahami, menghayati Sejarah Kebudayaan Islam, yang mengandung nilai-nilai kearifan yang sanggup dipakai untuk melatih kecerdasan, membentuk sikap, tabiat dan kepribadian akseptor didik.

Tujuan Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI


  1. Membangun kesadaran akseptor didik perihal pentingnya mempelajari landasan ajaran, nilai-nilai dan norma-norma Islam  yang telah dibangun oleh Rasulullah saw dalam rangka membuatkan kebudayaan dan peradaban Islam.
  2. Membangun kesadaran akseptor didik perihal pentingnya waktu dan tempat yang merupakan  sebuah proses dari masa lampau, masa kini, dan masa depan
  3. Melatih daya kritis akseptor didik untuk memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah.
  4. Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan akseptor didik terhadap peninggalan sejarah Islam sebagai bukti peradaban umat Islam di masa lampau. 
  5. Mengembangkan  kemampuan akseptor didik dalam mengambil ibrah dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, ipteks dan lain-lain untuk membuatkan kebudayaan dan peradaban Islam.

Ruang lingkup Sejarah Kebudayan Islam di Madrasah Ibtidaiyah


  1. Sejarah masyarakat Arab pra-Islam, sejarah kelahiran dan kerasulan Nabi Muhammad Saw. 
  2. Dakwah Nabi Muhammad Saw dan para sahabatnya, yang mencakup kegigihan dan ketabahannya dalam berdakwah, kepribadian Nabi Muhammad Saw, hijrah Nabi Muhammad Saw ke Thoif, insiden Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Saw.
  3. Peristiwa hijrah Nabi Muhammad Saw ke Yatsrib, keperwiraan Nabi Muhammad Saw, insiden Fathul Mekah, dan insiden maut Rasulullah Saw .
  4. Peristiwa-peristiwa pada masa Khulafaurrasyidin
  5. Sejarah usaha tokoh agama Islam di tempat masing-masing.

Standar Kompetensi Lulusan (SKL) mapel SKI


Mengenal, mengidentifikasi, meneladani, dan mengambil ibrah dari sejarah Arab pra Islam, sejarah Rasulullah Saw, Khulafaurrasyidin, serta usaha tokoh-tokoh agama Islam di tempat masing-masing.

Demikian sedikit ulasan admin blog NomIfrod.com perihal perangkat pembelajaran SKI untuk MI kelas 1 2 3 4 5, supaya bisa menawarkan manfaat untuk kita semua. Selanjutnya bisa anda download pada link dibawah ini:

skl sk-kd ski
pemetaan kd ski
program tahunan ski
program semester ski
rpp ski
silabus ski
kkm ski

Demikian dari kami, supaya bisa mambantu dan bermanfaat untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Amin...

Referensi: www.abdimadrasah.com

No comments:

Post a Comment