Monday 11 February 2019

Jadi Arif Silabus Ma Mapel Pai Dan Bahasa Arab Kelas X Dan Xi Kurikulum 2013 Revisi 2017


Masih berkeliling di silabus, kemarin telah membagikan silabus MI dan MTs mata pelajaran PAI dan bahasa arab, kali ini saya juga akan membagikan hal yang sama yakni silabus untuk madrasah aliyah kelas 10 dan 11 mapel pendidikan agama islam (PAI) dan bahasa arab yang juga memakai kurikulum 2013 serta sudah di revisi tahun 2017 terbaru. PAI mencakup mapel fiqih, SKI, keyakinan budpekerti / aqidah akhlak, dan quran hadits.

Silabus disusun menurut Standar Isi, yang di dalamnya berisikan Identitas Mata Pelajaran, Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD), Indikator, Materi Pokok, Kegiatan pembelajaran, Alokasi Waktu, Sumber Belajar, dan Penilaian. Dengan demikian, silabus intinya menjawab permasalahan-permasalahan sebagai berikut.

  1. Kompetensi apa saja yang harus dicapai siswa sesuai dengan yang dirumuskan oleh Standar Isi (Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar).
  2. Materi Pokok apa sajakah yang perlu dibahas dan dipelajari penerima didik untuk mencapai Standar Isi.
  3. Kegiatan pembelajaran yang bagaimanakah yang seharusnya diskenariokan oleh guru sehingga penerima didik bisa berinteraksi dengan objek belajar.
  4. Indikator apa sajakah yang harus ditentukan untuk mencapai Standar Isi.
  5. Bagaimanakah cara mengetahui ketercapaian kompetensi menurut Indikator sebagai contoh dalam memilih jenis dan aspek yang akan dinilai.
  6. Berapa usang waktu yang dibutuhkan untuk mencapai Standar Isi tertentu.
  7. Sumber Belajar apa sajakah yang sanggup diberdayakan untuk mencapai Standar Isi tertentu.

Pengembang Silabus Pembelajaran


Pengembangan silabus sanggup dilakukan oleh para guru secara berdikari atau berkelompok dalam sebuah sekolah atau beberapa sekolah, kelompok Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) pada atau Pusat Kegiatan Guru (PKG), dan Dinas Pendidikan.

1. Guru
Sebagai tenaga profesional yang mempunyai tanggung jawab pribadi terhadap kemajuan berguru siswa, seorang guru diharapkan bisa menyebarkan silabus sesuai dengan kompetensi mengajarnya secara mandiri. Di sisi lain guru lebih mengenal karakteristik siswa dan kondisi sekolah serta lingkungannya.

2. Kelompok Guru
Apabila guru kelas atau guru mata pelajaran alasannya yaitu sesuatu hal belum sanggup melakukan pengembangan silabus secara mandiri, maka pihak sekolah sanggup mengusahakan untuk membentuk kelompok guru kelas atau guru mata pelajaran untuk menyebarkan silabus yang akan dipergunakan oleh sekolah tersebut

3. Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)
Sekolah yang belum bisa menyebarkan silabus secara mandiri, sebaiknya bergabung dengan sekolah lain melalui lembaga MGMP/PKG untuk bahu-membahu menyebarkan silabus yang akan dipakai oleh sekolah-sekolah dalam lingkup MGMP/PKG setempat.

4. Dinas Pendidikan
Dinas Pendidikan setempat sanggup memfasilitasi penyusunan silabus dengan membentuk sebuah tim yang terdiri dari para guru berpengalaman di bidangnya masing-masing.

Dalam pengembangan silabus ini sekolah, kelompok kerja guru, atau dinas pendidikan sanggup meminta bimbingan teknis dari perguruan tinggi tinggi, LPMP, atau unit utama terkait yang ada di Kementerian Pendidikan Nasional.

Selengkapnya bisa anda unduh pada link di bawah ini:
alQuran hadits kls X
alQuran hadits kls XI
akidah budpekerti kls X
akidah budpekerti kls XI
Fiqih kls X
Fiqih kls XI
Bhs Arab kls X
Bhs Arab kls XI
SKI kls X
SKI kls XI
Ushul Fiqih kls X

Demikian dari kami, supaya bisa mambantu dan bermanfaat untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Amin...

No comments:

Post a Comment