Monday 4 February 2019

Jadi Berakal Panduan Pembelajaran Paud Ra Tk Dengan Pendekatan Saintifik


Sahabat NomIfrod, Pendekatan saintifik yaitu proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa supaya akseptor didik secara aktif mengkonstruk kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan melalui tahapan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengomunikasikan.

Pembelajaran saintifis pada anak usia dini merupakan hal yang sangat penting untuk banyak aspek perkembangan anak. para peneliti menganjurkan pembelajaran saintifik mulai dikenalkan sebelum anak memasuki sekolah, bahkan anak semenjak lahir. Hal ini penting untuk membantu anak memahami dunia, mengumpulkan dan mengolah gosip sebagai kunci dasar anak berguru berpikir saintis.

Mengembangkan berpikir saintifik semenjak usia dini akan mempermudah transfer keterampilan saintifik yang mereka miliki menjadi area akademik yang sanggup mendukung prestasi akademik. Berpikir saintifik yaitu kemampuan berpikir dalam memahami masalah, menganalisa, mencari pemecahannya, dan menghasilkan sesuatu yang inovatif dan kreatif. PAUD yang proses pembelajarannya miskin dengan proses berpikir saintifis kuat negative pada sikap dan capaian prestasi anak. Dampak tersebut bersifat menetap sampai ke tahap pendidikan tinggi.

Pada anak usia dini pengenalan proses saintifikdilakukan dengan cara melibatkan anak eksklusif dalam kegiatan; yakni melakukan, mengalami pencarian gosip dengan bertanya, mencari tahu tanggapan sampai memahami dunia dengan gagasan-gagasan yang mengagumkan.

Proses pendekatan saintifik


Mengamati (Observing); mengamati berarti memakai semua indera (penglihatan, pendengaran, penghiduan, peraba, dan pengecap) untuk mengenali suatu benda yang diamatinya. Semakin banyak indera yang dipakai dalam proses mengamati maka semakin banyak gosip yang diterima dan diproses dalam otak anak. Proses mengamati benar-benar dilakukan oleh anak tidak alasannya diberi tahu guru.

Menanya (Questioning)


Menanyakan sebagai salah salah satu proses mencari tahu atau mengkonfirmasi atau mencocokkan dari pengetahuan yang sudah dimiliki anak dengan pengetahuan gres yang sedang dipelajarinya. Pada dasarnya anak seorang peneliti yang handal, ia selalu ingin tahu perihal sesuatu yang ditangkap inderanya. Karenanya ia sering bertanya, yang terkadang pertanyaannya sangat diluar dugaan orang dewasa. Tetapi itu proses saintis yang berasal dari pikiran kritisnya.

Mengumpulkan (Colecting)


Mengumpulkan data suatu proses yang sangat diminati anak. dalam proses ini anak melaksanakan coba - gagal - coba lagi. Anak bahagia mengulang-ulang aktivitas yang sama tetapi dengan cara bermain yang berbeda. Pembelajaran yang membolehkan anak melaksanakan banyak hal sangat mendukung kemampuan berpikir kreatif. Sedangkan pembelajaran yang banyak memakai lembaran kerja justru membelenggu kemampuan kreatif anak.

Mengasosiasi (Associating)


Proses asosiasi merupakan proses lebih lanjut dimana anak mulai menghubungkan pengetahuan yang sudah dimilikinya dengan pengetahuan gres yang didapatkannya atau yang ada disekitarnya. Contohnya anak berguru perihal bentuk segi tiga melalui cuilan kertas yang disiapkan guru. Guru mengajak anak untuk menemukan benda-benda yang ada di sekitar yang berbentuk segi tiga. Disini guru sudah mengasosiasikan atau menghubungkan pengetahuan gres perihal segi tiga dengan benda-benda di lingkungan sekitar.

Proses asosiasi penting bagi anak untuk membangun pemahaman gres perihal dunia di sekelilingnya. Piaget menyatakan bahwa anak membentuk schemata gres tanpa membuang yang sudah ada tetapi memperbaiki dan menguatkan yang sebelumnya.

Panduan Pembelajaran PAUD RA Taman Kanak-kanak Dengan Pendekatan Saintifik

Mengkomunikasikan (Communicating)


Proses mengkomunikasikan yaitu proses penguatan pengetahuan terhadap pengetahuan gres yang di dapatkan anak. Dukungan guru yang sempurna akan menguatkan pemahaman anak terhadap konsep atau pengetahuannya, proses berpikir kritis dan kreatifnya terus tumbuh. Sebaliknya kalau guru mengabaikan pendapat anak atau menyalahkannya maka harapan untuk mencari tahu dan mencoba hal gres menjadi hilang.

No comments:

Post a Comment