Sunday 3 February 2019

Jadi Cerdik Petunjuk Teknis Pemberian Siswa Miskin (Bsm) Sma Smk Terbaru Format Pdf


Petunjuk Teknis Bantuan Siswa Miskin (BSM) Sekolah Menengan Atas Sekolah Menengah kejuruan Terbaru Format PDF. Salah satu permasalahan pendidikan ketika ini yakni masih tingginya Angka Putus Sekolah (APS). Data memperlihatkan bahwa usia 16-18 tahun yang seharusnya berada di dingklik Sekolah Menengan Atas sederajad, ternyata 67,9 persen tidak sekolah. Angka Partisipasi Kasar (APK) masih di bawah rerata nasional. Sementara, Angka Putus Sekolah (APS) semakin meningkat secara nasional.

Fakta di atas memperlihatkan fenomena sosial bahwa semakin miskin masyarakat akan semakin sulit untuk mengakses pendidikan. Hal tersebut diperkuat dengan fakta bahwa disparitas angka partisipasi pendidikan antar tempat masih cukup tinggi. Pencapaian APK suatu provinsi sangat berkorelasi dengan tingkat kemiskinan provinsi. Semakin miskin suatu provinsi cenderung semakin rendah APK-nya.

Permasalahan masyarakat miskin yakni tingginya biaya pendidikan, baik biaya eksklusif maupun tidak langsung. Biaya eksklusif mencakup antara lain, iuran sekolah, buku, pakaian/seragam, dan alat tulis, sementara biaya tidak eksklusif mencakup biaya transportasi, uang saku, dan biaya lain-lain.

Bantuan Siswa Miskin (BSM) bagi SMA, Sekolah Menengah kejuruan dan SLB, baik untuk kelas X, XI dan XII, merupakan salah satu alternatif untuk memberi peluang bagi lulusan SMP/MTs atau yang sederajat dari keluarga kurang bisa untuk mengikuti pendidikan di Sekolah Menengah Atas dan sederajad, di samping upaya pencegahan kemungkinan putus sekolah.

Sepuluh ribu ( 10.000 ) siswa miskin SMA, Sekolah Menengah kejuruan dan SLB yang mendapat BSM masing-masing nilai Rp. 1.000.000,00 (satu juta rupiah) memang belum signifikan untuk merampungkan problem putus sekolah atau menaikkan APK dan APM SMA, Sekolah Menengah kejuruan dan SLB supaya masyarakat kurang bisa sanggup dirasakan manfaatnya.

Melalui Program Bansos Bantuan Siswa Miskin (BSM) akan semakin menawarkan motivasi kepada masyarakat sebagai pemangku kepentingan untuk meningkatkan tugas sertanya dalam dunia pendidikan, khususnya dalam pembiayaan pendidikan, sehingga APK dan APM SMA, Sekolah Menengah kejuruan dan SLB semakin meningkat dan Angka Putus Sekolah (APS) SMA, Sekolah Menengah kejuruan dan SLB semakin berkurang.

Tujuan aktivitas Bantuan Sosial Bantuan Siswa Miskin


  1. Memberi peluang bagi lulusan SMP/MTs atau yang sederajat dari keluarga kurang bisa untuk mengikuti pendidikan di Sekolah Menengah Atas;
  2. Mencegah siswa kurang bisa SMA, Sekolah Menengah kejuruan dan SLB dari kemungkinan putus sekolah akhir kesulitan biaya pendidikan;
  3. Memberikan peluang dan kesempatan yang lebih besar kepada siswa kurang bisa SMA, Sekolah Menengah kejuruan dan SLB untuk terus bersekolah sampai merampungkan pendidikannya.

Download Petunjuk Teknis Bantuan Siswa Miskin (BSM) Sekolah Menengan Atas Sekolah Menengah kejuruan Terbaru Format PDF


Selengkapnya bisa anda download pada link berikut ini:
Juknis BSM Sekolah Menengan Atas Sekolah Menengah kejuruan Terbaru Format PDF

Demikian dari kami wacana Petunjuk Teknis Bantuan Siswa Miskin (BSM) Sekolah Menengan Atas Sekolah Menengah kejuruan Terbaru Format PDF, biar bisa menawarkan manfaat untuk kita semua. Amin...

Referensi: www.abdimadrasah.com

No comments:

Post a Comment