Monday 4 February 2019

Jadi Pandai Buku Guru Dan Siswa Sd Kelas 1 Pendidikan Agama Islam Dan Kecerdikan Pekerti Kurikulum 2013


Buku Guru dan Siswa SD Kelas 1 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kurikulum 2013. Dalam buku guru dan siswa kurikulum 2013 sd kelas 1 ini sudah lengkap dan rinci untuk setiap tema dan subtema terdiri dari Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), Tujuan Pembelajaran, Proses Pembelajaran, Penilaian, Pengayaan, Remedial, Interaksi Guru dan Orang Tua.

Kurikulum 2013 disusun untuk menyempurnakan kurikulum sebelumnya dengan pendekatan berguru aktif menurut nilai-nilai budaya bangsa. Berkaitan dengan hal ini, Pemerintah telah melaksanakan pembiasaan beberapa nama mata pelajaran, antara lain, ialah mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menjadi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.

Secara khusus, dalam kurikulum 2013, disusunlah kompetensi inti. Kompetensi inti ialah kemampuan yang harus dimiliki akseptor didik melalui kompetensi dasar yang diorganisasi dalam pembelajaran integratif dan pendekatan pembelajaran siswa aktif.

Kompetensi inti memuat kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang dikembangkan ke dalam kompetensi dasar. Perubahan sikap dalam pengamalan anutan agama dan kebijaksanaan pekerti menjadi perhatian utama.

Tujuan penyusunan buku ini ialah untuk menawarkan panduan bagi guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dalam merencanakan, melaksanakan, dan melakukan penilaian terhadap proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Dalam buku ini terdapat lima hal penting, yang perlu menerima perhatian khusus, yaitu:proses pembelajaran, penilaian, pengayaan, remedial, dan interaksi antara guru dan orang bau tanah akseptor didik.

Dengan demikian tujuan pembelajaran dibutuhkan sanggup tercapai hasil optimal dan selaras dengan tujuan pendidikan nasional, yaitu berbagi potensi akseptor didik semoga menjadi insan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga yang demokratis serta bertanggung jawab.

Untuk mengoptimalkan penggunaan buku ini, pahamilah penahapan berikut ini.
1. Pertama, bacalah Pendahuluan untuk memahami konsep utuh Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, kompetensi inti, dan kompetensi dasar dalam kerangka Kurikulum 2013.
2. Setiap potongan berisi: Kompetensi inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, proses pembelajaran, penilaian, pengayaan, remedial, dan interaksi antara guru dan orang tua.
3. Pada subbab tertentu penomoran kompetensi inti dan kompetensi dasar tidak berurutan. Hal itu diubahsuaikan dengan tahap pencapaian kompetensi dasar.
4. Guru perlu mendorong akseptor didik untuk mempwerhatikan kolom-kolom yang terdapat dalam buku teks pelajaran sebagai berikut ini.

  • Sikapku: menguatkan akseptor didik semoga sanggup mewujudkan pengetahuan dalam perilaku.
  • Ayo kerjakan: acara yang harus akseptor didik kerjakan untuk memahami materi.
  • Insya Allah saya bisa: tantangan semoga akseptor didik bisa melakukannya.
  • Ayo berlatih: pengukuran penguasaan akseptor didik terhadap materi yang dibahas.

Buku guru
Buku siswa

Dalam pelaksanaannya, sangat mungkin dilakukan pengembangan yang diubahsuaikan dengan potensi akseptor didik, guru, sumber belajar, dan lingkungan.

No comments:

Post a Comment