Sunday 10 February 2019

Jadi Pintar Pola Instrumen Evaluasi Harian Ra Tk Paud Kurikulum 2013 Format Excel


Instrumen Penilaian Harian RA Taman Kanak-kanak PAUD Format Excel ini akan sangat gampang anda gunakan dan lebih leluasa untuk mengedit alasannya ialah berbentuk format excel yang mencakup aspek perkembangan agama dan moral, Aspek perkembangan Fisik Motorik, Aspek perkembangan Fisik Kognitif, Aspek perkembangan Bahasa, Aspek perkembangan Sosial Emosional, Aspek perkembangan Seni.

baca: cara dan teknik evaluasi paud tk ra

1. aspek perkembangan agama dan moral


  • Menyanyikan Lagu Rukun Islam
  • Menyanyikan lagu / syair 5 adab makan secara sederhana
  • Menyebutkan 5 Asmaul Husna
  • Menyebutkan 5 benda ciptaan Allah
  • Menyebutkan hal-hal yang dilakukan sebelum, selama dan setelah belajar
  • Menyanyikan lagu-lagu/ syair cara berguru dengan sederhana
  • Menyanyikan lagu 25 Nabi Allah
  • Membaca syahadat bagi Allah
  • Mengucapkan syahadat bagi Rasul
  • Mengetahui nama Tuhan (Allah)
  • Mengetahui nama Nabi Muhammad
  • Mengetahui nama Agama
  • Mengetahui nama kitab suci umat Islam
  • Mengetahui kiblat orang Islam
  • Mengetahui saudara orang Islam
  • Mengetahui musuh orang Islam
  • Mengetahui jumlah rukun Islam
  • menyebutkan rukun Islam
  • Mengetahui jumlah rukun Iman
  • Menyebutkan rukun Iman
  • Mengetahui nama nabi
  • Mengetahui kelahiran Nabi Muhammad
  • Mengetahui nama ayah Nabi Muhammad
  • Mengetahui nama Ibu Nabi Muhammad
  • Mengetahui nama kakek Nabi Muhammad
  • Mengetahui nama paman nabi yang Islam
  • Mengetahui nama paman Nabi yang kafir
  • Mengetahui nama 2 orang yang menyusuiNabi
  • Mengetahui kapan Nabi ditinggal Ayahnya
  • Mengetahui pengasuh Nabi setelah ibunyameninggal dunia
  • Menyebutkan macam-macam alat makan
  • Menunjukkan rujukan cara / adab makan yang baik
  • Menyebutkan hal yang dilakukan sebelum, waktudan setelah makan
  • Menirukan tata cara makan yang baik
  • Menyebutkan macam-macam alat makan
  • Menunjukkan rujukan cara / adab makan yang baik
  • Menyebutkan hal-hal yang dilakukan sebelum makan, waktu makan dan setelah makan
  • Menirukan tata cara makan yang baik
  • Membaca do’a sebelum wudlu’
  • Membaca do’a setelah wudlu’
  • Membaca niat wudlu’
  • Membaca arti niat wudhu’
  • Membaca do’a iftitah
  • Membaca do’a ketika rukuk
  • Membaca do’a ketika sujud
  • Membaca bacaan ketika I’tidal
  • Membaca niat sholat dzuhur
  • Membaca arti niat sholat dzuhur
  • Membaca niat sholat ashar
  • Membaca arti niat sholat ashar
  • Do’a mau belajar
  • Do’a mau makan
  • Do’a setelah makan
  • Do’a mau tidur
  • Do’a berdiri tidur
  • Do’a kelancaran berbicara
  • Do’a menerima nikmat
  • Do’a mau bercermin
  • Do’a mau masuk WC
  • Do’a keluar WC
  • Surat Al-Fatihah
  • Surat Al-Ikhlas
  • Surat An-Nass
  • Surat Al-Falaq
  • Surat Al-Lahab
  • Surat An-Nashru
  • Surat Al-Kafirun
  • Surat Al-Kautsar
  • Berdoa sebelum dan Sesudah melaksanakan acara
  • Menyanyikan lagu- lagu keagamaan.
  • Menirukan gerakan ibadah secara sederhana.
  • Menyebutkan waktu beribadah
  • Menyebutkanciptaan tuhanmis:manusia,bumi,langit,tanaman,hewan dsb
  • Bersikap ramah pada sesama dan menjawab salam
  • Menyebutkanciptaan tuhanmis:manusia,bumi,langit,tanaman,hewan dsb
  • Mau menyapa dan menjawab dengan sopan dan ramah.
  • Mendengarkan orang tua/ sahabat berbicara.
  • Berbahasa sopan dalam berbicara.
  • Mau menyapa dan menjawab dengan sopan dan ramah
  • Tidak mengganggu teman
  • Suka membantu teman
  • Suka berterima kasih
  • Suka mengalah
  • Bersalaman kepada guru pada ketika masuk dan keluarkelas
  • Dapat mendapatkan kritikan
  • Mau menyebarkan dengan orang lain
  • Mengunakan barang orang lain dengan hati-hati
  • Menutup mulut/hidung ketika batuk dan bersin
  • Meminta maaf ketika melaksanakan kesalahan
  • Masuk sekolah sempurna waktu
  • Menunjukkan pujian pada hasil kerjanya
  • Mentaati tata tertib sekolah
  • Mengetahui barang milik sendiri dan orang lain
  • Mampu menjadi pembicara dan pendengar yang baik
  • Mampu mengerjakan kiprah sendiri ibarat mengaji,menulis dan menggambar

2. Aspek perkembangan Fisik Motorik


  • Mengurus dirinya sendiri misal makan. Mandi, menyisir rambut, mencuci dan melap tangan, menggosok / membersihkan sepatu, mengikat tali sepatu.
  • berbagai bentuk dengan menggunakan plastisin, playdough/ tanah liat.
  • Meniru menciptakan garis tegak,datar, miring, lengkung dan lingkaran
  • Meniru melipat kertas sederhana (1-6 lipatan)
  • Menjahit jelujur dari 5-10 lobang dengan tali sepatu
  • Menggunting bebas
  • Merobek bebas
  • Merekat / menempel
  • Menyusun balok banyak sekali ukuran menjadi bentuk tertentu.
  • Berlari dengan banyak sekali variasi (kesamping, depan, belakang)
  • Membuat lingkaran, segitiga, segiempat
  • Berjalan ke banyak sekali arah dengan banyak sekali cara, misalnya: berjalan maju diatas garis lurus, berjalan diatas papan titian, berjalan ke depan dengan tumit, berjalan kedepan jinjit.(angkat tumit) berjalan mundur
  • Melompat ke banyak sekali arahdengan satu atau dua kaki.
  • Melakukan gerak keseimbangan pada ketika duduk dan berdiri
  • Memutar dan mengayunkan lengan
  • Melakukan gerak keseimbangan pada ketika duduk dan berdiri
  • Memutar dan mengayunkan lengan
  • Melakukan gerak keseimbangan pada ketika duduk dan berdiri
  • Memutar dan mengayunkan lengan
  • Merayap dengan banyak sekali variasi
  • Merangkak dgn banyak sekali variasi
  • Meloncat dari ketinggian 30-50 cm
  • Memanjat, bergantung dan berayun
  • Berhitung dari 1 – 20
  • Menulis angka 1-10
  • Menulis salah satu huruf huruf A-Z
  • Menulis beberapa huruf hijaiyah berharokat
  • Mengikuti gerakan senam olah raga
  • Berhitung dari 1 – 20

3. Aspek perkembangan Kognitif


  • Mengelompokkan benda dengan banyak sekali cara diketahui anak. Misalnya: Menurut warna, bentuk, ukuran jenis Dll.
  • Menunjuk sebanyak-banyaknya benda, hewan, tumbuhan yang memiliki warna, bentuk atau ukuran atau berdasarkan ciri-ciri tertentu
  • Mencoba dan menceritakan apayang terjadi jikalau 1*.Warna dicampur 3*. balon ditiup kemudian dilepaskan
  • Mencoba danmenceritakan apayang terjadi jikalau 3*. balon ditiup kemudian dilepaskan 8*.Mencoba dan membedakan majemuk rasa , busuk dan suara
  • Membilang / menyebut urutan bilangan dari 1 hingga 10
  • Membilang dengan menunjuk benda ( mengenal konsep bilangan dengan benda-benda hingga 5)
  • Menunjukkan urutan benda untuk bilangan hingga 5
  • Menyebutkan benda2 yang memperlihatkan bentuk2 geometri
  • Menyebutkan bentuk benda2yg gres dilihatnya
  • Mengerjakan Maze (Mencari jejak yang sederhana)
  • Menyusun belahan puzzle menjadi bentuk utuh ( 4-6 keping)
  • Memasang benda sesuai dengan pasangannya
  • Menyebutkan konsep depan-belakang-tengah/diantara, atas-bawah, luar-dalam,pertama-terakhir, keluar-masuk,naik-turun,maju-mundur, kiri, kanan
  • Membedakan konsep panjang-pendek, jauh-dekat, melalui ukuran dengan langkah , jengkal, benang atau tali
  • Menbedakan konsep berat-ringan, gemuk-kurus melalui menimbang bautan dan yg sebenarnya.
  • Membedakan waktu ( pagi, siang,malam)
  • Menyebutkan nama-nama hari dalam satu minggu.Bulan dan tahun
  • Mencoba dan menceritakan apa yang terjadi jika: 2*Proses pertumbuhan tanaman, biji-bijian, umbi-umbian, batang-batangan.) 4* Benda-benda dimasukkan ke dalam air ( terapung, melayang, karam )
  • Mencoba dan menceritakan apa yang terjadi jika: 5*benda-bendadijatuhkan / grafitasi
  • Menceritakan kembali suatu isu berdasarkan ingatannya
  • Mengelompokkan bentuk2 geometri ( Lingkaran, segitiga, segiempat).
  • Mengenal penjumlahan 1-10
  • Mengenal tanda tambahan, pengurangan dan sama dengan
  • Menyebutkan huruf huruf A – Z

4. Aspek perkembangan Bahasa


  • Melakukan 2-3 perintah secara sederhana
  • Menirukankembali 3-4 urutankata
  • Menjawabpertanyaan tentangketerangan/informasi secaraSederhana
  • Menyebutkan banyak sekali bunyi/suara tertentu
  • Menceritakan pengalaman kejadian secara sederhana
  • Menyebutkan nama diri, orang tuajenis kelaminalamat rumahsecara sederhana
  • Membuat banyak sekali macam coretan
  • Bercerita menggunakan kata ganti
  • Menunjukkan gerakan-gerakan mis. Duduk, jongkok berlari, makan, melompat, menangis, senang, sedih.dll
  • Menyebutkan posisi/ keterangan tempat.Mis. diluar, didalam, diatas, dibawah
  • Bercerita perihal gambar yang disediakan atau yang dibentuk sendiri
  • Menghubungkan gambar / benda dengan kata
  • Membuat gambar dan coretan ( tulisan) perihal kisah mengenai gambar yang dibuatnya
  • Menyebutkan kata-kata dengan suku awal yang sama
  • Mernghubungkan goresan pena sederhana dengan symbol yang melambangkannya
  • Menceritakan pengalaman kejadian secara sederhana
  • Berhitung dari 1 – 20
  • Berhitung dari 1-10 dengan bahasa inggris
  • Berhitung dari 1-10 dengan bahasa arab

5. Aspek perkembangan Sosial Emosional


  • Menunjukkan pujian terhadap hasil kerjanya
  • Mengenal cara mencegah penyakit ringan.Mis.Supaya tidak sakit flu jangan main hujan-hujanan, semoga tidak sakit perut makanlah yang sehat, semoga tidak sakit gigi gosoklah gigi setelah makan
  • Mengenal penyakit ringan mis,flu,sakit perut,sakit gigi
  • Membersihkan dirisendiri dengan bantuan
  • Mau membagi miliknya dengan bahagia hati
  • Melakukan perintah secara sederhana .
  • Sabar menunggu giliran
  • Mau berpisah dengan ibu tanpa menangis
  • Dapat dibujuk jikalau menangis, murka Tidak cengeng dll
  • Berhenti bermain pada waktunya
  • Mengenal dan menghindari benda-benda yang berbahaya
  • Melaksanakan kiprah yang diberikan guru
  • Dapat atau suka menolong
  • Dapat bekerja sama dengan teman
  • Mampu memberanikan diri mengacungkan tangan
  • Mengenal dan menjaga barang milik sendiri dan orang lain
  • Mengembalikan alat permainan pada tempatnya
  • Dapat menggunakan baju sendiri baik berkancing atau retsleting.
  • Memasang dan membuka sepatu sendiri
  • Mengurus diri sendiri tanpa bantuan
  • Berani berangkat dan pulang sekolah sendiri
  • Mampu buang air besar dan buang air kecil sendiri
  • Meminjamkan miliknya dengan bahagia hati
  • Membantu membersihkan lingkungannya
  • Mudah bergaul

6. Aspek perkembangan Seni


  • Mewarnai bentuk gambar sederhana
  • Menggambar bebas dengan banyak sekali media ( pensil warna, krayon, arang, kapur tulis dll)
  • Menggambar bebas dari bentuk dasar titik, garis lengkung, lingkaran, segitiga dan segiempat
  • Mewarnai bentuk-bentuk geometri dengan ukuran besar
  • Menggambar bebas dari bentuk dasar titik, garis lengkung, lingkaran, segitiga dan segiempat.
  • Mewarnai bentuk-bentuk geometri dengan ukuran besar
  • Mencipta bentuk dengan lidi, batang korek api, stik, kotak Bekal
  • Menggambar bebas dengan banyak sekali media ( pensil warna, krayon, arang, kapur tulis dll
  • Mencipta 2 bentuk dari belahan bentuk geometri
  • Menggambar orang dengan lengkap dan sederhana ( belum proposional)
  • Menggerakkan kepala, tangan atau kaki sesuai dengan irama musik/ ritme
  • Mengeskpresikan diri secara bebas sesuai dengan irama Music
  • Stempel/ mencetak dengan banyak sekali media ( pelepah pisang, batang papaya, karet busa.dll
Demikian saja dari perihal Instrumen Penilaian Harian RA Taman Kanak-kanak PAUD Kurikulum 2013 Format Excel, semoga sanggup menawarkan manfaat untuk pada sahabat guru / pendidik. Selengkapnya silahkan anda unduh pada link dibawah ini:

Contoh instrumen evaluasi harian paud tk ra

Demikian dari kami semoga sanggup menawarkan manfaat untuk kita semua. Amin...

No comments:

Post a Comment