Saturday 10 August 2019

Jadi Berilmu Model Metode Pembelajaran Kasus Based Introduction


Problem Based Indtroduction (PBI) Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Kehidupan yakni identik dengan menghadapi masalah. Model pembelajaran ini melatih dan mengembangkan kemampuan untuk menuntaskan duduk kasus yang berorientasi pada duduk kasus otentik dari kehidupan kasatmata siswa, untuk merangsang kemamuan berpikir tingkat tinggi.

Kondisi yang tetap harus dipelihara yakni suasana kondusif, terbuka, negosiasi, demokratis, suasana nyaman dan menyenangkan supaya siswa sanggup berpikir optimal. Indikator model pembelajaran ini yakni metakognitif, klarifikasi terperinci (analisis), interpretasi, induksi, identifikasi, investigasi, eksplorasi, konjektur, sintesis, generalisasi, dan inkuiri.

Langkah-Langkah metode pembelajaran:


  1. Guru menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai dan menyebutkan sarana atau alat pendukung yang dibutuhkan. Memotivasi siswa untuk terlibat dalam acara pemecahan duduk kasus yang dipilih.
  2. Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan kiprah berguru yang bekerjasama dengan duduk kasus tersebut (menetapkan topik, tugas, jadwal, dll.)
  3. Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan warta yang sesuai, eksperimen untuk mendapat klarifikasi dan pemecahan masalah, pengumpulan data, hipotesis, pemecahan masalah.
  4. Guru membantu siswa dalam merencanakan menyiapkan karya yang sesuai menyerupai laporan dan membantu mereka membuatkan kiprah dengan temannya.
  5. Guru membantu siswa untuk melaksanakan refleksi atau penilaian terhadap eksperimen mereka dan proses-proses yang mereka gunakan.
Itulah sekilas ulasan ihwal Model Metode Pembelajaran Problem Based Introduction, yang sangat efektif dan inovatif untuk menciptakan suasana menjadi kondusif, bahagia dan nyaman.

No comments:

Post a Comment