Monday 11 February 2019

Jadi Arif Model Pembelajaran Paud Tk Ra Dengan Pendekatan Sudut


Model Pembelajaran PAUD Taman Kanak-kanak RA Dengan Pendekatan Sudut. Kegiatan pembelajaran dengan model pembelajaran menurut sudut-sudut kegiatan, memakai langkah-langkah pembelajaran yang ibarat dengan model pembelajaran area, alasannya yaitu memperhatikan minat anak. Jumlah sudut yang disediakan 5 sudut dalam penggunaannya diubahsuaikan dengan jadwal yang direncanakan dengan kisaran 2 samapi 5 sudut. Dalam kondisi tertentu dimungkinkan 1 sudut lebih dari 1 kegiatan. Alat-alat yang disediakan pada sudut-sudut acara selayaknya lebih bervariasi dan sering diganti, diubahsuaikan dengan tema atau sub tema yang dibahas. Sudut-sudut acara yang dimaksud yaitu :

1. Sudut Ketuhanan


Alat-alat yang ditempatkan yaitu maket daerah ibadah, peralatan ibadah, gambar-gambar, dan alat lainnya yang sesuai dengan keagamaan.

2. Sudut Keluarga


Alat-alat pada sudut keluarga terdiri dari dingklik tamu, meja makan, peralatan dapur, peralatan ruang kamar tidur, boneka banyak sekali jenis, dan peralatan lain di ruang tamu.

3. Sudut Alam Sekitar dan Pengetahuan


Alat-alat pada sudut alam sekitar dan pengetahuan terdiri dari akuarium, meja/rak untuk benda-benda obyek pengetahuan, kulit kerang, biji-bijian, batu-batuan, beling pembesar, timbangan, magnet dan alat-alat untuk menyediliki alam sekitar, gambar-gambar wacana alam sekitarnya dan tanda-tanda alam.

4. Sudut Pembangunan


Alat-alat yang ditempatkan pada sudut ini yaitu alat-alat untuk permainan konstruksi, ibarat balok, keping geometri, alat pertukangan, dan minatur/model banyak sekali jenis kendaraan, plastisin, pledog, tanah liat.

5. Sudut Kebudayaan


Alat-alat yang ditempatkan pada sudut kebudayaan yaitu peralatan musik/perkusi, rak-rak buku, buku perpustakaan, alat untuk pengenalan bentuk, warna, konsep bilangan, simbol-simbol, alat untuk kreativitas, rumah adat, pakaian adat, tokoh-tokoh pewayangan.

Keberadaan sudut-sudut acara tersebut sanggup ditempatkan di dalam kelas maupun di ruang sendiri sesuai keadaan dan kondisi PAUD masing-masing. Pada waktu acara di sudut berlangsung, pendidik tidak hanya berada di salah satu sudut saja, tetapi juga menunjukkan bimbingan kepada akseptor didik yang membutuhkan atau mengalami kesulitan.

Pengelolaan Kelas


Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pengelolaan kelas pada model pembelajaran menurut sudut-sudut kegiatan yaitu :

  • Pengaturan alat bermain dan perabot di ruangan, termasuk meja, dingklik dan luasnya ruangan, diubahsuaikan dengan acara yang akan dilaksanakan, khususnya pada sudut-sudut kegiatan.
  • Sumber berguru dan hasil acara anak sanggup dipajang di papan atau didinding ruangan. Hasil karya anak, sanggup juga disimpan di laci masing-masing anak sebagai portofolio.
  • Setelah dipakai untuk pembelajaran, alat bermain dirapikan dan disimpan sedemikian rupa sehingga sanggup melatih anak untuk penyesuaian yang ingin dicapai ibarat kemandirian, tanggung jawab, menciptakan keputusan, kebiasaan mengatur kembali peralatan dan sebagainya.


Langkah-langkah Kegiatan


a. Kegiatan Awal (+ 30 menit)
Kegiatan yang dilaksanakan yaitu bernyanyi, berdoa, mengucap salam, membicarakan tema/sub tema, diskusi acara yang akan dilaksanakan, malakukan kegaitan fisik/ motorik.

b. Kegiatan Inti (+ 60 menit) secara individual di sudut-sudut kegiatan
Sebelum melaksanakan acara inti, pendidik bersama anak membicarakan tugas-tugas yang diprogramkan di sudut-sudut kegiatan. Setelah itu pendidik menjelaskan kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan di setiap sudut acara yang diprogramkan. Sudut yang dibuka setiap hari diubahsuaikan dengan indikator yang dikembangkan dan sarana/alat pembelajaran yang ada. Kemudian anak dibebaskan untuk menentukan sudut acara yang disukai sesuai dengan minatnya. Anak sanggup berpindah sudut acara sesuai dengan minatnya tanpa ditentukan oleh pendidik, pendidik memberi motivasi.

c. Istirahat/Makan (+ 30 menit)
Kegiatan makan bersama menanamkan penyesuaian yang baik, contohnya mencuci tangan, berdoa sebelum dan setelah makan, membuatkan bekal dengan teman, membereskan dan merapikan alat-alat makan dan sebagainya. Setelah acara makan selesai, waktu yang tersedia sanggup dipakai untuk bermain di dalam atau di luar kelas.

d. Kegiatan Akhir (+ 30 menit)
Kegiatan selesai dilaksanakan secara klasikal, contohnya dengan bercerita, bernyanyi, bersama-sama menunjukkan kelas, diskusi acara sehari yang telah dilakukan, informasi acara esok hari, berdoa, dan mengucapkan salam.

Penilaian


Penilaian yang dilakukan pada pembelajaran ini sama dengan evaluasi pada model pembelajaran Kelompok dengan Kegiatan Pengaman, yaitu selama acara pembelajaran berlangsung, pendidik mencatat segala hal yang terjadi baik terhadap perkembangan akseptor didik maupun jadwal kegiatannya sebagai dasar bagi keperluan penilaian.

No comments:

Post a Comment