Monday 11 February 2019

Jadi Bakir Penerapan Kewirausahaan Dalam Dunia Pendidikan Oleh Kepala Sekolah


Kewirausahan yaitu suatu sikap, jiwa dan kemampuan untuk membuat sesuatu yang gres yang sangat bernilai dan berkhasiat bagi dirinya dan orang lain. Kewirausahaan merupakan perilaku mental dan jiwa yang selalu aktif atau kreatif berdaya, bercipta, berkarya dan bersahaja dan berusaha. Kewirausahaan (entrepreneurship ) muncul apabila seseorang individu berani membuatkan usaha-usaha dan ide-ide barunya.

Kewirausahaan tidak selalu identik dengan abjad wirausaha semata, alasannya abjad wirausaha kemungkinan juga dimiliki oleh seorang yang bukan wirausaha. Wirausaha meliputi semua aspek pekerjaan, baik karyawan swasta maupun pemerintahan. Wirausaha yaitu mereka yang melaksanakan upaya-upaya kreatif dan inovatif dengan jalan membuatkan ide, dan meramu sumber daya untuk menemukan peluang (opportunity) dan perbaikan (preparation) hidup.

Dalam dunia pendidikan kewirausahaan sanggup diimplementasikan secara terpadu dengan kegiatan- acara pendidikan di sekolah. Pelaksanaan pendidikan kewirausahaan dilakukan oleh kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan (konselor), penerima didik secara bersama - sama sebagai suatu komunitas pendidikan. Upaya kepala sekolah dalam menerapkan jiwa kewirausahaan di sekolah yaitu dengan:

  1. menciptakan penemuan yang be rguna bagi pengembangan sekolah;
  2. melakukan acara dalam upaya mencapai keberhasilan sekolah sebagai organisasi pembelajar yang efektif ;
  3. memotivasi guru dan tenaga kependidikan untuk sukses dalam melaksanakan kiprah pokok dan fungsinya;
  4. memotivasi penerima didik untuk sukses dalam prestasi akademik dan non akademik; dan
  5. mengembangkan pengelolaan acara produksi sekola h sebag ai sumber mencar ilmu penerima didik;

No comments:

Post a Comment