Monday 11 February 2019

Jadi Bakir Pengembangan Diri Yang Berupa Pelayanan Bimbingan Konseling Di Sekolah


Pelayanan bimbingan konseling merupakan pelayanan bimbingan individual yang berkenaan dengan problem diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan karir penerima didik. Isi atau materi layanan bimbingan konseling berdasarkan kelompok bidang bimbingan, disarankan menyesuaikan situasi, kondisi, dan kebutuhan sekolah, serta perkembangan ilmu pengetahuan dan perubahan sosial.

Setiap layanan dan kegiatan BK, termasuk materi bimbingan yang akan dilaksanakan harus secara eksklusif mengacu pada satu atau lebih fungsi-fungsi BK biar hasil yang akan dicapai secara terperinci sanggup diidentifikasi dan dievaluasi. Fungsi BK meliputi:

  1. Fungsi Pemahaman; fungsi BK yang akan menghasilkan pemahaman wacana sesuatu oleh pihak-pihak tertentu sesuai dengan keperluan pengembangan siswa. Fungi ini meliputi; a). pemahaman wacana diri siswa (oleh siswa sendiri, guru, orangtua, teman, dan pembimbing), b). pemahaman wacana lingkungan siswa dalam hal lingkungan keluarga dan sekolah (oleh siswa sendiri, guru, orangtua, teman, dan pembimbing), dan c). pemahaman wacana lingkungan yang lebih luas, yakni warta pendidikan, warta jabatan / pekerjaan, warta budaya dan nilai-nilai (oleh siswa).
  2. Fungsi pencegahan; fungsi BK yang akan menghasilkan tercegahnya dan terhindarinya siswa dari aneka macam permasalahan yang akan sanggup mengganggu, menghambat ataupun menjadikan kesulitan-kesulitan dalam proses perkembangannya.
  3. Fungsi perbaikan, yakni fungsi BK yang akan menghasilkan terpecahkan atau teratasinya aneka macam problem yang dialami oleh siswa.
  4. Fungsi pemeliharaan dan pengembangan, yakni fungsi BK yang akanmenghasilkan terpelihara dan terkembangnya aneka macam potensi dan kondisi siswa dalam rangka perkembangan secara mantap dan berkelanjutan.

Bidang Bimbingan konseling meliputi (1) bidang bimbingan pribadi-sosial, (2) bidang bimbingan belajar, dan (3) bimbingan karir.

Bidang bimbingan pribadi-sosial
Tugas perkembangan (TP) dalam kelompok pribadi-sosial ini dimaksudkan biar siswa mampu:

  1. memiliki kesadaran diri , yakni menggambarkan penampilan dan mengenal kekhususan diri,
  2. mengembangkan perilaku nyata dan menggambarkan orang-orang yang disenangi,
  3. membuat pilihan secara sehat,
  4. menghargai orang lain,
  5. bertanggungjawab,
  6. mengembangkan keterampilan korelasi antar pribadi,
  7. menyelesaikan konflik,
  8. membuat keputusan secara efektif,
  9. bidang bimbingan belajar, yakni mencapai tujuan dan kiprah perkembangan pendidikan.

Contoh bimbingan pribadi–sosial, antara lain mengendalikan /mengarahkan emosi, mempunyai nilai – nilai kehidupan untuk mengambil keputusan / pemecahan masalah, memahami perkembangan psikoseksual yang sehat, memahami prasangka dan mengkaji akibat-akibatnya, administrasi waktu, lingkungan sekolah, rumah,dan masyarakat, serta keterkaitannya, memahami situasi dan cara-cara mengendalikan konflik, menciptakan keputusan dengan bermacam resiko, mengenal dan menghargai keunikan diri, berpikir dan bersikap positip pada diri dan orang lain, pemanfaatan waktu luang/keterampilan pribadi untuk kesehatan fisik dan mental, menilai keadaan dan keefektifan korelasi sosial dan keluarga, relasi/keterampilan komunikasi positip sepanjang hayat, dan lain-lain

Bidang Bimbingan Belajar
TP dalam kelompok perkembangan mencar ilmu ini dimaksudkan biar siswa mampu:

  1. melaksanakan keterampilan atau teknik mencar ilmu secara efektif,
  2. menetapkan tujuan dan perencanaan pendidikan,
  3. belajar secara efektif,
  4. terampil dan bisa dalam menghadapi penilaian / ujian,
  5. bidang bimbingan karir, yakni mewujudkan pribadi pekerja yang produktif.

Contoh materi bimbingan belajar, antara lain: mencar ilmu efektif untuk keberhasilan/prestasi demi masa depan, kekuatan diri dalam belajar, mengatur dan memakai waktu untuk belajar, penilaian keberhasilan dan kegagalan dalam mengikuti ulangan/ujian/tes, mengumpulkan/mempelajari warta penjurusan, mulai mengenal perguruan tinggi tinggi/lembaga pendidikan yang lebih tinggi/studi lanjut, mencar ilmu sepanjang masa/hayat, memahami tujuan pendidikan, siap memasuki perguruan tinggi tinggi, dan lain-lain

Bidang Bimbingan Karir
TP dalam kelompok perkembangan karir ini dimaksudkan biar siswa mampu:

  1. membentuk identitas karir,mengenali ciri-ciri pekerjaan di dalam lingkungan kerja,
  2. merencanakan masa depan,
  3. membentuk pola / kecenderungan arah karir dan
  4. mengenal keterampilan, kemampuan, dan bakat.

Beberapa teladan materi/ isi layanan bimbingan karir, antara lain: menilai pola karir, fleksibel dalam pemilihan karir, merencanakan studi lanjut dan penjajagan pilihan karir, membuatkan kecakapan (bakat, minat, keterampilan) untuk keberhasilan hidup, menentukan jurusan dan aktivitas studi, serta pilihan karir secara realistis, membuatkan keterampilan untuk antisipasi perubahan, mengenal konfik peranan yang mungkin terjadi dalam lingkungan karir, legalitas untuk keamanan dan kepastian bekerja, menata kembali tujuan-tujuan karir, peranan dalam keluarga dan pekerjaan, menghadapi diskriminasi/pelecehan dalam dunia kerja, mengenal kemampuan diri (keterampilan/kecakapan) kini dan yang akan datang, dan lain-lain

Penyusunan Program Satuan Layanan atau Rencana Pelaksanaan Layanan BK perlu memperhatikan Judul layanan, Jenis layanan, bidang bimbingan (pribadi, sosial, belajar, karir), fungsi layanan (pemahaman, pencegahan, pengembangan, pemeliharaan), tujuan layanan, hasil yang ingin dicapai, sasaran kegiatan, materi layanan, daerah penyelenggaraan layanan, waktu/tanggal, semester, penyelenggara layanan, pihak-pihak yang disertakan dan perannnya masing-masing, alat dan perlegkapan yang digunakan, planning penilaian dan tindak lanjut layanan.

Untuk mengetahui secara lengkap wacana Pengembangan Diri yang Berupa Pelayanan Bimbingan Konseling di Sekolah, bisa anda unduh file format word pada artikel berikut: Juknis penyusunan kurikulum sd mi

Demikian dari kami, semoga bisa mambantu dan bermanfaat untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Amin...

No comments:

Post a Comment