Monday 11 February 2019

Jadi Berilmu Panduan Evaluasi Kurikulum 2013 Untuk Paud Ra Tk Terlengkap Dan Terbaru


Penilaian Hasil Belajar Anak (PAUD) ialah proses pengukuran terhadap hasil dari acara mencar ilmu anak. Untuk mengetahui sejauhmana perkembangan anak menurut keseriusan, ketelitian dalam mengamati, objektivitas, dan kemampuan menganalisis perilaku. Penilaian otentik meliputi; Penilaian menurut fakta / kondisi konkret yang bekerjsama muncul, Dilakukan pada ketika anak terlibat dalam pembelajaran/kegiatan bermain, dan dilakukan secara alami dalam kondisi yang direncanakan oleh guru.

PENILAIAN HARIAN

CEKLIST
Memuat indikator pencapaian perkembangan yang sudah ditetapkan di dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH). Bisa berupa BB, MB, BSH, BSB;

  • BB artinya Belum Berkembang: jikalau anak melakukannya harus dengan bimbingan atau dicontohkan oleh guru;
  • MB artinya Mulai Berkembang: jikalau anak melakukannya masih harus diingatkan atau dibantu oleh guru;
  • BSH artinya Berkembang Sesuai Harapan: jikalau anak sudah sanggup melakukannya secara berdikari dan konsisten tanpa harus diingatkan atau dicontohkan oleh guru;
  • BSB artinya Berkembang Sangat Baik: jikalau anak sudah sanggup melakukannya secara berdikari dan sudah sanggup membantu temannya yang belum mencapai kemampuan sesuai indikator yang diharapkan.

CATATAN ANEKDOT

  • Catatan seluruh perkembangan anak selama mengikuti acara pembelajaran dari waktu ke waktu
  • Memungkinkan untuk mengetahui perkembangan anak yang indikatornya tercantum maupun tidak tercantum pada RPPH.

HASIL KARYA

  • Hasil kerja anak sanggup berupa :
  • Coretan
  • Tulisan
  • Gambar
  • Lukisan
  • Bangunan balok
  • Hasil lipatan
  • Hasil kolase
  • Hasil roncean
  • Dan karya-karya lainnya

Rambu-rambu menciptakan catatan harian anak

  • Tulis nama dan tanggal hasil karya
  • Tanyakan kepada anak perihal hasil karya yang dibuatnya tanpa perkiraan guru
  • Tuliskan semua yang dikatakan oleh anak untuk mengkonfirmasi hasil karya yang dibuatnya semoga tidak salah ketika guru menciptakan interpretasi karya tersebut.
  • Catatan dan hasil karya anak disimpan dalam portofolio dan akan dianalisa dalam penilaian bulanan. ( cari yg terbaik )
  • Perhatikan apa yang sudah dibentuk oleh anak dengan teliti, hubungkan dengan indikator pada KD

PORTOFOLIO

  • Merupakan kumpulan data yang diperoleh dari banyak sekali sumber yang memperlihatkan pencapaian perkembangan anak dari waktu ke waktu.
  • Berupa hasil karya, foto anak, rekaman suara, video, dan lain-lain.
  • Setiap anak mempunyai portofolio yang disusun menurut urutan tanggal dan diberi identitasnya (nama, usia, kelompok);
  • Portofolio sanggup disimpan dalam wadah yang diadaptasi dengan kebutuhan.

Panduan ini sangat lengkap yang bagikan kepada anda para sahabat guru. Meliputi; manfaat evaluasi paud, prinsip penilaian, ruang lingkup penilaian, proses penilaian, pola evaluasi harian dan bulanan, catatan anekdot, hasil karya, evaluasi portofolio, langkah pengolahan data nilai, cara penulisan laporan (raport). Dan semuanya dalam bentuk microsoft office power point yang bisa anda unduh pada link dibawah ini:

Panduan penilaian

Demikian dari kami semoga bisa memperlihatkan manfaat untuk kita semua. Amin...

No comments:

Post a Comment