Monday 11 February 2019

Jadi Pintar Panduan Evaluasi Siswa Mts Smp Kurikulum 2013 Terbaru Format Pdf


Panduan Penilaian Siswa MTs SMP Kurikulum 2013 Terbaru Format PDF. Hasil monitoring dan penilaian pelaksanaan Kurikulum 2013 tingkat SMP pada 2014 memperlihatkan bahwa salah satu kesulitan pendidik dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 yaitu dalam melakukan penilaian. Sekitar 60% respon­den pendidik menyatakan, mereka belum sanggup merancang, melaksanakan, mengolah, melaporkan, dan me manfaatkan hasil penilaian dengan baik. Kesulitan utama yang dihadapi pendidik: merumuskan indikator, menyusun butir ­ butir instrumen, dan melakukan penilaian perilaku dengan banyak sekali macam teknik. Selain itu, banyak di antara pendidik yang kurang percaya diri dalam melakukan penilaian keterampilan. Mereka belum sepenuhnya memahami bagai mana menyusun instrumen dan rubrik penilaian keterampilan.

Kesulitan lain yang banyak dikeluhkan pendidik berkaitan dengan penulisan deskripsi capaian aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan. Di samping itu, sejumlah pendidik mengaku bahwa mereka belum percaya diri dalam berbagi butir ­butir soal pengetahuan. Mereka kurang memahami bagaimana merumuskan indikator dan menyusun butir ­ butir soal untuk pengetahuan faktual, konseptual, pro­sedural, dan metakognitif yang dikombinasikan dengan keterampilan berpikir tingkat rendah sampai tinggi.

Satuan pendidikan mengalami kesulitan dalam memilih Kriteria Ketun­tasan Minimal (KKM), merumuskan kriteria kenaikan kelas, dan kriteria kelu­lusan penerima didik. Permasalahan lain yang sering muncul yaitu penetapan KKM dan secara teknis menerapkannya pada setiap Kompetensi Dasar (KD) sebagai kompetensi minimal untuk selanjutnya menjadi KKM mata pelajaran. Di samping itu, pendidik mengalami kesulitan dalam memilih nilai hasil remedial berkaitan dengan KKM.

Memperhatikan permasalahan­ permasahan di atas, perlu disusun Panduan Penilaian pada SMP (SMP). Panduan penilaian ini diperlukan sanggup memudahkan pendidik dan satuan pendidikan dalam merencanakan, melaksanakan, dan melaporkan serta memanfaatkan hasil penilaian baik aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan.

Berikut ini isi dari Panduan Penilaian Siswa MTs SMP Kurikulum 2013:

  1. Pengertian Penilaian
  2. Pendekatan Penilaian
  3. Prinsip Penilaian
  4. Penilaian dalam Kurikulum 2013
  5. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
  6. Model KKM
  7. Remedial dan Pengayaan
  8. Penilaian oleH Pen DiDiK
  9. Penilaian Sikap
  10. Pengertian Penilaian Sikap
  11. Teknik Penilaian
  12. Perencanaan Penilaian
  13. Pelaksanaan Penilaian
  14. Pengolahan Hasil Penilaian
  15. Pemanfaatan dan Tindak Lanjut Hasil Penilaian
  16. Penilaian Pengetahuan
  17. Pengertian Penilaian Pengetahuan
  18. Teknik Penilaian
  19. Perancangan Penilaian
  20. Pelaksanaan Penilaian
  21. Pengolahan Hasil Penilaian
  22. Pemanfaatan dan Tindak Lanjut Hasil Penilaian
  23. Penilaian Keterampilan
  24. Pengertian Penilaian Keterampilan
  25. Teknik Penilaian
  26. Perencanaan Penilaian
  27. Pelaksanaan Penilaian
  28. Pengolahan Hasil Penilaian Keterampilan
  29. Pemanfaatan dan Tindak Lanjut Hasil Penilaian
  30. Penilaian oleH satuan Pen DiDiKan
  31. Kriteria Kenaikan Kelas, dan Kriteria Kelulusan dari Satuan Pendidikan
  32. Perencanaan Penilaian
  33. Pelaksanaan Penilaian
  34. Pengolahan, Pemanfaatan dan Tindak Lanjut Hasil
  35. Program Tahunan
  36. Program Semester
  37. Alokasi Waktu
  38. Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
  39. Model Rapor Satu KKM
  40. Model Rapor Multi KKM
  41. Model Rapor SKS Satu KKM
  42. Model Rapor SKS Multi KKM

Selengkapnya bagikan Panduan Penilaian Siswa MTs SMP Kurikulum 2013 Terbaru ini dalam bentu format PDF yang sanggup di unduh pada link di bawah ini:

Panduan Penilaian Siswa MTs SMP Kurikulum 2013

Demikian dari kami biar sanggup menawarkan manfaat untuk kita semua. Amin...

No comments:

Post a Comment