Sunday 10 February 2019

Jadi Cerdik Panduan Evaluasi Terbaru Untuk Smp Mts Kurikulum 2013 Permendikbud 2016


Hasil monitoring dan penilaian pelaksanaan Kurikulum 2013 tingkat Sekolah Menengah Pertama pada 2014 mengatakan bahwa salah satu kesu­litan pendidik dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 ialah dalam melakukan penilaian. Sekitar 60% respon­den pendidik menyatakan, mereka belum sanggup merancang, melaksanakan, mengolah, melaporkan, dan memanfaatkan hasil penilaian dengan baik.

Kesulitan utama yang dihadapi pendidik: merumuskan indikator, menyusun butir -butir in­strumen, dan melakukan penilaian perilaku dengan banyak sekali macam teknik. Selain itu, banyak di antara pendidik yang kurang percaya diri dalam melakukan penilaian keteram­pilan. Mereka belum sepenuhnya memahami bagai mana me­nyusun instrumen dan rubrik penilaian keteram pilan

Panduan penilaian ini mencakup: konsep penilaian; penilaian oleh pendidik yang meliputi penilaian aspek sikap, penilaian aspek pengetahuan, dan peni­laian aspek keterampilan; dan penilaian oleh satuan pendidikan.

Panduan penilaian ini memfasilitasi pendidik dan satuan pendidikan berkaitan dengan hal-hal berikut:

  • Merencanakan, membuatkan instrumen, dan melakukan penilaian hasil belajar.
  • Menganalisis dan menyusun laporan, termasuk mengisi rapor serta me­manfaatkan hasil penilaian.
  • Menerapkan jadwal remedial bagi akseptor didik yang belum mencapai KKM, dan jadwal pengayaan bagi akseptor didik yang telah mencapai ke­tuntasan berguru minimal.
  • Melaksanakan supervisi penilaian.

Seperti itulah sekilas klarifikasi dari ihwal Panduan Penilaian Terbaru Untuk Sekolah Menengah Pertama MTs Kurikulum 2013 Permendikbud 2016. Selanjutnya silahkan anda unduh pada link dibawah ini:

Panduan Penilaian Terbaru Untuk Sekolah Menengah Pertama MTs Kurikulum 2013

Demikian dari kami, biar sanggup mambantu dan bermanfaat untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Amin...

No comments:

Post a Comment