Wednesday 11 September 2019

Jadi Cendekia Model Dan Pola Rkm Rkh Ra Tk Format Word / Doc


Perencanaan mingguan disusun dalam bentuk planning aktivitas mingguan (RKM). RKM merupakan pembagian terstruktur mengenai dari perencanaan semester yang berisi kegiatan-kegiatan dalam rangka mencapai indikator yang telah direncanakan dalam satu ahad sesuai dengan keluasan pembahasan tema dan subtema. baca: download panduan guru RA TK

Perencanaan mingguan sanggup disusun dalam bentuk, antara lain planning aktivitas mingguan (RKM) model pembelajaran kelompok dan planning aktivitas mingguan (RKM) model pembelajaran berdasar minat.

RKM model pembelajaran kelompok


a. Komponen RKM model pembelajaran kelompok ialah sebagai berikut:

  • Tema dan sub tema.
  • Alokasi waktu.
  • Aspek pengembangan.
  • Kegiatan per aspek pengembangan.

b. Langkah pengembangan RKM model pembelajaran kelompok :

  • Menjabarkan tema dan merinci subtema.
  • Membuat matrik relasi antara tema, subtema dengan kegiatan.
  • Menjabarkan indikator menjadi kegiatan-kegiatan pada bidang pengembangan dalam agenda semester.

A. Perencanaan Harian


Perencanaan harian disusun dalam bentuk planning aktivitas harian (RKH). RKH merupakan pembagian terstruktur mengenai dari planning aktivitas mingguan (RKM). RKH memuat kegiatan-kegiatan pembelajaran, baik yang dilaksanakan secara individual, kelompok, maupun klasikal dalam satu hari. RKH terdiri atas aktivitas awal, aktivitas inti, istirahat/makan, dan aktivitas akhir.

1. Kegiatan awal


Kegiatan awal merupakan aktivitas untuk pemanasan dan dilaksanakan secara klasikal. Kegiatan yang sanggup dilakukan antara lain, contohnya berdoa/mengucap salam, membicarakan tema atau subtema, dan sebagainya.

2. Kegiatan inti


Kegiatan inti merupakan aktivitas yang sanggup mengaktifkan perhatian, kemampuan, sosial dan emosional anak. Kegiatan ini sanggup dicapai melalui aktivitas yang memberi kesempatan kepada anak untuk bereksplorasi dan bereksperimen sehingga sanggup memunculkan inisiatif, kemandirian dan kreativitas anak, serta aktivitas yang sanggup meningkatkan pengertian-pengertian, konsentrasi dan menyebarkan kebiasaan bekerja yang baik. Kegiatan inti merupakan aktivitas yang dilaksanakan secara individual/ kelompok.

3. Istirahat/Makan


Istirahat/Makan merupakan aktivitas yang dipakai untuk mengisi kemampuan anak yang berkaitan dengan makan, contohnya mengenalkan kesehatan, makanan yang bergizi, tata tertib makan yang diawali dengan basuh tangan kemudian makan dan berdoa sebelum dan setelah makan. Setelah aktivitas makan selesai, anak melaksanakan aktivitas  bermain dengan alat permainan di luar kelas dengan maksud untuk menyebarkan motorik agresif anak dan bersosialisasi. Kegiatan ini diadaptasi dengan kemauan anak, anak makan kemudian bermain atau sebaliknya anak bermain terlebih dahulu kemudian makan.

4. Kegiatan akhir


Kegiatan final merupakan aktivitas penenangan yang dilaksanakan secara klasikal. Kegiatan yang sanggup diberikan pada aktivitas akhir, contohnya membacakan dongeng dari buku, mendramatisasikan suatu cerita, mendiskusikan wacana aktivitas satu hari atau menginformasikan aktivitas esok hari, menyanyi, berdoa, dan sebagainya.

baca: Contoh dokumen kurikulum RA TK

Rencana aktivitas harian (RKH) sanggup disusun dalam bentuk, antara lain RKH model pembelajaran kelompok, RKH pembelajaran menurut minat dengan sudut kegiatan, dan RKH pembelajaran menurut minat dengan area. Silahkan download pada link berikut ini:

Model dan Contoh RKM RKH RA TK

Demikian dari kami, biar bisa mambantu dan bermanfaat untuk pendidikan di Indonesia. Amin...

No comments:

Post a Comment