Thursday 12 September 2019

Jadi Bakir Panduan Model Dan Teladan Pengembangan Diri Sma


Pengembangan diri merupakan kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran sebagai bab integral dari kurikulum sekolah / madrasah. Kegiatan pengembangan diri merupakan upaya pembentukan sopan santun dan kepribadian siswa / penerima didik yang dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling berkenaan dengan duduk kasus langsung dan kehidupan sosial, kegiatan belajar, dan pengembangan karir, serta kegiatan ekstrakurikuler yang dipilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan sekolah.

Untuk satuan pendidikan khusus, pelayanan konseling menekankan peningkatan kecakapan hidup sesuai dengan kebutuhan khusus penerima didik.

Kegiatan pengembangan diri berupa pelayanan konseling difasilitasi / dilaksanakan oleh konselor dan kegiatan ekstrakurikuler sanggup dibina oleh konselor, guru dan atau tenaga kependidikan lainnya sesuai dengan kemampuan dan kewenangannya. Pengembangan diri yang dilakukan dalam bentuk kegiatan pelayanan konseling dan kegiatan ekstrakurikuler sanggup membuatkan kompetensi dan kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari penerima didik.

Tujuan Pengembangan Diri


Pengembangan diri bertujuan memperlihatkan kesempatan kepada penerima didik untuk membuatkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, minat, kondisi dan perkembangan penerima didik, dengan memperhatikan kondisi sekolah/madrasah.

Selain itu, pengembangan diri bertujuan menunjang pendidikan penerima didik dalam mengembangkan:

  • Bakat
  • Minat
  • Kreativitas
  • Kompetensi dan kebiasaan dalam kehidupan
  • Kemampuan kehidupan keagamaan
  • Kemampuan sosial
  • Kemampuan belajar
  • Wawasan dan perencanaan karir
  • Kemampuan pemecahan masalah
  • Kemandirian

Ruang lingkup pengembangan diri


Pengembangan diri mencakup kegiatan terprogram dan tidak terprogram. Kegiatan terprogram direncanakan secara khusus dan diikuti oleh penerima didik sesuai dengan kebutuhan dan kondisi pribadinya. Kegiatan tidak terprogram dilaksanakan secara lansung oleh pendidik dan tena ga kependidikan di sekolah/madrasah yang diikuti oleh semua penerima didik.

Kegiatan terprogram terdiri atas dua komponen:

1. Pelayanan konseling, mencakup pengembangan :

  • kehidupan pribadi
  • kemampuan sosial
  • kemampuan belajar
  • wawasan dan perencanaan karir

2. Ekstrakurikuler, antara lain kegiatan:

  • kepramukaan, latihan dasar kepemimpinan siswa (LDKS), palang merah cukup umur (PMR), pasukan pengibar bendera (PASKIBRA).
  • kegiatan ilmiah cukup umur (KIR),
  • seni dan budaya, olahraga, cinta alam, jurnalistik, teater, keagamaan
  • seminar, loka karya, pameran/bazar

Bentuk pelaksanaan pengembangan diri


1.Kegiatan pengembangan diri secara terprogram dilaksan akan dengan perencanaan khusus dalam kurun waktu tertentu untuk memenuhi kebutuhan penerima didik secara individual, kelompok, dan atau klasikal melalui penyelenggaraan:

  • Kegiatan layanan dan kegiatan pendukung konseling
  • Kegiatan ekstrakurikuler.

2.Kegiatan pengembangan diri secara tidak terprogram sanggup dilaksanakan sebagai berikut:

  • Rutin, ialah kegiatan yang dilakukan secara terencana dan terus menerus, seperti: upacara bendera, senam, ibadah khusus keagamaan bersama, keberaturan, pemeli haraan kebersihan dan kesehatan diri.
  • Spontan, ialah kegiatan tidak terencana dalam tragedi khusus seperti: pembentukan sikap memberi salam, membuang sampah pada tempatnya, antri, mengatasi silang pendapat (pertengkaran).
  • Keteladanan, ialah kegiatan dalam bentuk sikap sehari-h ari yang sanggup dijadikan teladan, menyerupai : berpakaian rapi, berbahasa yang baik, rajin membaca, memuji kebaikan dan atau ke berhasilan orang la in, tiba sempurna waktu.

Kegiatan-kegiatan tersebut tidak direncanakan secara tersendiri melalui kegiatan pelayanan konseling dan kegiat an ekstrakurikuler, tetapi bisa merupakan kegiatan sekolah dan dilaksanakan sebagai bentuk kegiatan pembiasaan.

Panduan Model dan Contoh Pengembangan Diri SMA

Semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Amin...

No comments:

Post a Comment