Sunday 24 January 2016

Jadi Akil Pengertian Pokok Dan Rasional Pertimbangan Kurikulum Tk Ra Paud


Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan ihwal kompetensi yang dibakukan dan cara pencapaiannya diadaptasi dengan keadaan dan kemampuan daerah. perlu dicapai secara tuntas (belajar tuntas). Kurikulum dilaksanakan dalam rangka membantu anak didik membuatkan berbagaié.potensi baik psikis dan fisik yang mencakup moral dan nilai-nilai agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik/motorik, kemandirian, dan seni untuk siap memasuki pendidikan dasar.

Kompetensi Dasar merupakan pengembangan potensi-potensi perkembangan pada anak yang diwujudkan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak sesuai dengan usianya, yaitu berupa pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai-nilai yang sanggup dikenali melalui sejumlah hasil.belajar dan indikator yang sanggup diukur dan diamati.

Hasil berguru merupakam cerminan kemampuan anak yang dicapai dari suatu tahapan pengalaman berguru dalam satu kompetensi dasar. Indikator merupakan hasil berguru yang lebih spesifik. dan terukur dalam satu kompetensi dasar. Apabila serangkaian dalam satu kompetensi dasar sudah tercapai, berarti sasaran kompetensi dasar tersebut sudah terpenuhi.

Anak usia 4-6 tahun merupakan bab dari anak usia dini. yang berada pada rentangan usia lahir pada usia ini secara terminologi disebut sebagai anak usia prasekolah. Perkembangan kecerdasan pada masa ini mengalami peningkatan dari 50% menjadi 80%. Diperkirakan bahwa bawah umur yang mengulang kelas ialah bawah umur yang tidak masuk pendidikan prasekolah sebelum masuk SD. Mereka ialah anak yang belum siap dan tidak dipersiapkan oleh orang tuanya memasuki SD.

Adanya perbedaan yang besar antara referensi pendidikan di sekolah dan di rumah menjadikan anak yang tidak masuk pendidikan Taman Kanak-kanak (prasekolah) mengalami kejutan sekolah danmereka mogok sekolah atau tidak bisa beradaptasi sehingga tidak sanggup berkembang secara optimal. Hal ini menunjukkan pentingnya upaya pengembangan seluruh potensi anak usia prasekolah.

Usia 4-6 tahun merupakan masa peka bagi anak. Anak mulai sensitif untuk mendapatkan aneka macam upaya pengembangan seluruh potensi anak. Masa peka ialah mas?terjadinya pematangan fungsi-fungsi fisik dan psikis yang siap merespons stimulasi yang diberikan oleh lingkungan. Masa ini merupakan masa untuk meletakkan dasar pertama dalam membuatkan kemampuan fisik, kognitif, bahasa, sosial, emosional, konsep. diri, disiplin, kemandirian, seni, moral, dan nilai-nilai agama. Oleh alasannya ialah itu, dibutuhkan kondisi dan sümulasi yang sesuai dengan kebutuhan anak supaya pertumbuhan dan perkembangan anak tercapai secara optimal. Peran pendidik (orang tua, guru, dan orang cukup umur lain) sangat dibutuhkan dalam upaya pengembangan potensi anak 4-6 tahun.

Upaya pengembangan tersebut harus dilakukan melalui kegiatan bermain sambil berguru atau berguru seraya bermain. Dengan bermain anak mempunyai kesempatan untuk bereksplorasi, menemukan, mengekspresikan perasaan, berkreasi, dan berguru secara menyenangkan. Selain itu bermain membantu anak mengenal dirinya sendiri, orang lain, dan lingkungan. Atas dasar hal tersebut di atas maka kurikulum yang dikembangkan disusun menurut karakteristik anak dan dalam rangka membuatkan selurüh potensi anak.

No comments:

Post a Comment