Sunday 24 January 2016

Jadi Cerdik Aktivitas Mencar Ilmu Mengajar Di Sekolah Merupakan Proses Berpikir


Belajar ialah proses berpikir. Belajar berpikir menekankan kepada proses mencari dan menemukan pengetahuan melalui interaksi antara inividu dengan lingkungan. Dalam pembelajaran berpikir proses pendidikan di sekolah tidak hanya menekankan kepada akumulasi pengetahuan bahan pelajaran, akan tetapi yang diutamakan ialah kemampuan siswa untuk memperoleh pengetahuannya sendiri (Self regulated). Dengan kata lain, proses pembelajaran hendaknya merangsang siswa untuk mengeksplorasi dan mengelaborasi sendiri sekali gus bisa mengkonfirmasi sesuatu sesuai dengan proses berpikirnya sendiri.

Asumsi yang mendasari pembelajaran berpikir ialah bahwa pengetahuan itu tidak tiba dari luar, akan tetapi dibuat oleh individu itu sendiri dalam struktur kognitif yang dimilikinya. Atas dasar perkiraan itulah pembelajaran berpikir memandang, bahwa mengajar itu bukanlah memindahkan pengetahuan dari guru pada siswa, melainkan suatu acara yang memungkinkan siswa sanggup membangun sendiri pengetahuannya. Menurut Bettencourt (1985) mengajar dalam pembelajaran berpikir ialah berpartisipasi dengan siswa dalam membentuk pengetahuan, membuat makna, mencari kejelasan, bersikap kritis dan mengadakan justifikasi.

Dalam proses pembelajaran La Costa (1985) mengklasifikasikan mengajar berfikir menjadi tiga, yaitu teaching of thinking, teaching for thinking dan teaching about thinking. Teahing of thinking ialah proses pembelajaran yang diarahkan untuk pembentukan keterampilan mental tertentu, ibarat contohnya keterampilan berpikir kritis, berrpikir kreatif dan lain sebagainya. Dengan demikian jenis pembelajaran ini lebih menekankan kepada aspek tujuan pembelajaran.

Teaching for thinking, ialah proses pembelajaran yang diarahkan pada perjuangan membuat lingkungan berguru yang sanggup mendorong terhadap pengembangan kognitif. Jenis pembelajaran ini lebih menitik beratkan kepada proses membuat situasi dan lingkungan tertentu, contohnya membuat suasana keterbukaan yang demokratis, membuat iklim yang menyenangkan sehingga memungkinkan siswa sanggup berkembang secara optimal. Teaching about thinking, ialah pembelajaran yang diarahkan pada upaya untuk membantu semoga siswa lebih sadar terhadap proses berpikirnya. Jenis pembelajaran ini lebih menekankan kepada metodologi yang dipakai dalam proses pembelajaran.

Pada kenyataannya, proses pembelajaran berpikir menyangkut tiga hal tersebut. Artinya, dalam pelaksanaan pembelajaran, kita mustahil melepaskan ketiga aspek di atas. Contohnya untuk sanggup melatih keterampilan berpikir tertentu kepada siswa sangat dibutuhkan suasana yang mendukung serta metodologi yang dianggap efektif. Oleh karenanya, ketiga hal di atas, mempunyai keterkaitan yang sangat dekat bahkan tidak sanggup dipisahkan.

No comments:

Post a Comment