Monday 25 January 2016

Jadi Berakal Kenapa Komentar Kita Masuk Spam Disqus?


Disqus merupakan sistem komentar yang sangat terkenal ketika ini, bahkan para master juga memakai disqus. Setiap sistem komentar tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan baik itu komentar blogger atau disqus. Semuanya kembali ke masing-masing mau memakai blogger atau disqus. Menurut saya komentar disqus terang lebih baik dari blogger alasannya ialah disqus mempunyai notifikasi pada setiap komentar / tanggapan komentar kita di blog orang lain.

Banyak para blogger mengeluh alasannya ialah disqus tidak cepat muncul alias loadingnya berat katanya. Untuk loading saya rasa sama saja blogger dengan disqus, komentar blogger pun kadang tidak muncul. Makara masalahnya bukan dari sistem komentarnya, tapi dari koneksi yang sudah stadium akhir.

Terlepas dari itu semua, disqus mempunyai sistem deteksi spam otomatis yang sangat sensitif. Dalam hal ini tidak hanya komentar yang berupa link saja yang dianggap spam oleh disqus, tapi komentar yang kita anggap sah pun masuk ke spam juga (lihat gambar diatas). Kenapa dapat begitu ya? Berikut sedikit bocoran dari saya kenapa komentar kita sering masuk spam?

Komentar anda ditandai spam


Biasanya ini sering dilakukan oleh blogger pemula yang melaksanakan aktifitas blogwalking yang hanya mengharapkan kunjungan balik dari si admin tanpa membaca artikel pribadi berkomentar "nice post, sangat manfaat gan, cantik banget artikelnya, thanks ya" atau nge-link sana-sini dan lain-lain, yang penting sudah meninggalkan jejak pribadi close.

Komentar semacam ini menciptakan si admin males, geram alasannya ialah belum kenal dan belum erat pribadi pake komen mirip itu. Bayangkan deh menyerupai anda sedang memperlihatkan pengetahuan kepada orang lain kemudian ada orang tak dikenal tiba dan pribadi bilang "bagus!!! hebat!!!". Dengan begitu kemudian si admin memasukkan komentar anda ke spam.

IP atau username yang dipakai sudah ditandai sebagai spam oleh orang lain, lebih parah lagi bila hingga dimasukkkan ke Black List (daftar hitam sebagai penyebar spam). Sehingga secara otomatis disqus akan memberitahu bahwa pengguna dengan IP atau username tersebut ialah spam.

Identitas tidak jelas


Identitas dianggap lemah oleh disqus. Ini yang sering saya temui (lihat gambar) ada tanda goresan pena Low Rep di sebelah kanan komentar. Biasanya ini terjadi pada admin blog yang tidak memakai komentar disqus, mereka punya akun disqus semoga dapat memperlihatkan komentar di blog yang memakai disqus. Sehingga tidak memperhatikan kelengkapan identitas akun, kadang hanya login dengan akun sosmed. Disqus juga sensitif terhadap legalitas akun anda, jadi lengkapi identitas akun disqus anda semoga tidak dianggap ILEGAL.

Untuk admin blog sesekali kita (admin) periksa folder spam, kemudian approve mereka yang kita anggap komentarnya kondusif semoga tidak dianggap spam lagi.

Itulah sekedar menyebarkan pengalaman kepada para sobat semua. Semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment