Monday, 25 January 2016

Jadi Bakir Teladan Penerapan Evaluasi Autentik Pendidikan Agama Islam Dan Kebijaksanaan Pekerti


Penilaian autentik ialah suatu evaluasi berguru yang merujuk pada situasi atau konteks "dunia nyata", yang memerlukan banyak sekali macam pendekatan untuk memecahkan persoalan yang memperlihatkan kemungkinan bahwa satu persoalan sanggup memiliki lebih dari satu macam pemecahan.

Dalam suatu proses pembelajaran, evaluasi otentik mengukur, memonitor dan menilai semua aspek hasil berguru (yang tercakup dalam domain kognitif, afektif, dan psikomotor), baik yang tampak sebagai hasil tamat dari suatu proses pembelajaran, maupun berupa perubahan dan perkembangan aktivitas, dan perolehan berguru selama proses pembelajaran didalam kelas maupun diluar kelas.

Pelaksanaan evaluasi autentik memakai format yang memungkinkan siswa untuk menuntaskan suatu kiprah atau mendemonstrasikan suatu performasi dalam memecahkan suatu masalah. Format evaluasi ini sanggup berupa :

  1. tes yang menghadirkan benda atau kejadian orisinil ke hadapan siswa (hands-on penilaian),
  2. tugas (tugas ketrampilan, kiprah pemeriksaan sederhana dan kiprah pemeriksaan terintegrasi),
  3. format rekaman kegiatan berguru siswa (misalnya : portofolio, interview, daftar cek, presentasi dan debat).

Selanjutnya anda sanggup menciptakan tabel menyerupai pada gambar diatas untuk mencatat nilai siswa. Semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment